Thursday, February 12, 2015

Komentar Partai Catur Karpov vs Kasparov 1985 Pembelaan Sisilia

Hadir kembali di komentar partai catur klasik dunia. Setelah menampilkan tiga partai catur dari pembelaan Sisilia (lihat McShane vs Short, Anand vs Kasparov, Movsesian vs Kasparov), maka tiba saatnya melihat satu partai klasik pembelaan Sisilia, tiada lain dari partai dwitarung catur Anatoly Karpov vs Garry Kasparov tahun 1985.

Partai Anatoly Karpov vs Garry Kasparov ini sangat terkenal. Ini adalah partai / game ke-16 dari dwitarung mereka yang kedua di tahun 1985. Seperti diketahui dwitarung Karpov vs Kasparov yang pertama di tahun 1984 berlangsung begitu sengit sampai 48 babak dan harus dihentikan oleh FIDE, dengan posisi Karpov unggul 5-3. Dwitarung ke-dua ini berlangsung di Moscow. Di partai ke-16 lah, Garry Kasparov akhirnya unggul dari posisi 2-2, dan untuk seterusnya tidak terkejar. Di dwitarung ke-dua inilah Garry Kasparov berhasil merebut juara dunia catur dengan score 13-11 melawan Anatoly Karpov. Seperti diketahui, selanjutnya selama bertahun-tahun Kasparov harus meladeni Karpov dalam tiga dwitarung lagi, total ada 5 dwitarung yang ditakdirkan untuk mereka berdua.

Chess match Karpov vs Kasparov 

Di partai ke-16 ini, Kasparov memilih pembelaan Sisilia yang selanjutnya berkembang menjadi variasi Taimanov. Walau demikian, dengan langkah 8...d5!?, Kasparov keluar dari mainline variasi ini. Ini adalah partai yang terkenal di mana Anatoly Karpov yang genius di style positional bisa begitu pasif dicengkram permainan buah-buah Kasparov. Mari kita saksikan partai catur seru ini. (Game viewer ini lebih lancar dilihat menggunakan desktop/laptop, tidak terlalu lancar di android.)

Partai Catur Pembelaan Sisilia Taimanov
Anatoly Karpov vs Garry Kasparov, 0-1, Moscow WCH 1985
B44 Sicilian Taimanov, Szen, Kasparov Gambit




literatur:
Garry Kasparov, on Modern Chess Part II
Yasser Seirawan, Winning Chess Brilliancies
Igor Stohl, Garry Kasparov's Greatest Chess Part II
anotasi by: y of red-white-chess.blogspot.com

Lihat juga : KUMPULAN PARTAI-PARTAI CATUR DENGAN NOTASI

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...