Monday, November 21, 2016

Karjakin Kalahkan Magnus Carlsen - Dwitarung Catur Dunia New York 2016

Setelah Brexit, Donald Trump, akankah Sergey Karjakin menjadi sensasi dunia tahun 2016? Itulah yang mulai disiul-siulkan penggemar catur dalam menghadapi sisa partai catur dwitarung antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin. Duel perebutan gelar juara catur dunia yang berlangsung di New York bulan November 2016 ini sudah berlangsung tujuh partai dan semuanya remis. Beberapa pengamat menilai kedua pecatur memang tidak dalam kondisi terbaik dan beberapa kali melakukan blunder. Di partai round ke-3 dan ke-4 Magnus Carlsen menerima blunder dari Sergey Karjakin tapi tidak bisa memaksimalkannya menjadi poin. Di partai round ke-7, Magnus Carlsen yang salah langkah menyebabkan kehilangan pion tapi Sergey Karjakin juga tidak bisa maksimal memanfaatkan blunder tersebut.

Nah, semua nya menjadi klimaks di partai babak ke-8 ini. Magnus Carlsen yang memegang buah putih memainkan pembukaan yang sangat jarang dipakai, yaitu Colle System di kalangan grandmaster. Memang segera terjadi pertarungan perwira yang tajam di papan tengah. Di partai ini, kedua pemain berpikir keras dan sampai langkah 30 an sudah mulai kehabisan waktu. Benar, di langkah 35, Magnus Carlsen memajukan pion ke c5 mengakibatkan Karjakin punya peluang melakukan combi untuk unggul satu pion. Tapi di situasi galau ini, Karjakin juga blunder di saat waktu mikir yang kritis dan Carlsenpun lolos dari posisi genting. Karjakin mengatakan di saat itu waktunya terlalu mepet untuk bisa mempertimbangkan langkah Qa4!, tapi memainkan Qd3?


Setelah lewat situasi ini Magnus Carlsen ngepress ngotot terus main walaupun dia bisa sangat mudah melakukan repetisi untuk draw. Posisi raja hitam yang lebih ekspos menjadi andalan serangan Carlsen. Sayangnya si juara dunia asal Norwegia ini tidak mampu menguasai emosi dan blunder parah di akhir permainan. Sergey Karjakin dengan dingin menemukan langkah menang. Poin penuh 1 dengan mudah diambil Karjakin bahkan seperti memperoleh kado dari Carlsen.

Dengan situasi tertinggal 3.5-4.5, Magnus Carlsen harus bekerja keras mengejar poin di sisa empat partai lagi. Di dwitarung juara dunia antara Vishwanathan Anand melawan Boris Gelfand, Anand juga sempat tertinggal tapi segera mengejar ketertinggalannya di partai berikutnya. Demikian harapan fans Magnus Carlsen dalam menghadapi minus point ini. Apapun yang terjadi telur remis di dwitarung ini sudah pecah dan kitapun dihadapkan pada partai catur hidup mati antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin, lusa dini hari nantikan. Yang jelas, Magnus Carlsen sangat kecewa , terlihat dia malah tidak mau menghadiri konferensi pers akibat kekalahan ini. :


Komentar Partai Catur Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 0-1, round 8
Pembukaan Colle System - World Chess Championship New York 2016




Hasil Sementara :

Round 8 Carlsen - Karjakin 0-1
Round 9
Round 10
Round 11
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
3.5 
4.5

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

2 comments:

  1. Maaf gan, saya mau nanya, kalo Qxa2, nanti putih kena skakmatnya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori, bukan skak mat, tapi setidaknya kalah menteri, kira2 ...Qxa2 Ng4+ 54.Kh3 Qg1 55.Bf3 Nf2+ 56.Qxf2 Qxf2 . Trims sudah mengunjungi.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...