Monday, November 14, 2016

Carlsen (Hampir) Kalahkan Karjakin - Partai Catur ke-3 World Championship 2016 New York

Duel dwitarung catur dunia antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin memasuki partai ke-tiga. Di round 3 ini, Magnus Carlsen kembali memegang buah putih. Di hari Selasa dini hari 15 November 2016 ini, menu nya adalah pembukaan Ruy Lopez dari Carlsen, dijawab dengan variasi andalan Berlin Defense dari Karjakin. Ini adalah pertama kali varian Berlin kembali muncul di partai kejuaraan dunia.

UPDATE Anotasi Partai ini ada di Bawah


Setelah dengan singkat berhasil tukaran menteri, Carlsen memimpin permainan masuk menjadi endgame buah minor, Benteng+Gajah+Kuda di kedua pihak. Beberapa komentator catur di berbagai website dan twitter kembali memuji kepiawaian Magnus Carlsen untuk selalu berhasil membuat partainya masuk ke wilayah favorit si pecatur Norwegia ini.

Seperti diperkirakan, bangunan favorit Carlsen ini cepat berubah menjadi bangunan yang tak mengenakkan untuk Sergey Karjakin. Si orang Russia yang baru berusia 26 tahun ini langsung jadi grogi dan mulai menempuh strategi kurang pas. Pertama Karjakin berusaha konter attack dengan mengirim bentengnya ke ujung papan utk mengganggu pion-pion Carlsen. Sementara Carlsen sangat mendominasi papan center dengan kuda dan bentengnya.

World Champion Magnus Carlsen almost defeated his challenger, Sergey Karjakin. A blunder in the end let his advantage slipped, after almost 7 hours of play. Round 3 for World Chess Championship in New York 2016

Kemudian Karjakin berusaha mencapai permainan lebih aktif dengan korban pion. Alhasil, Carlsen pun menjadi unggul 1 pion full. Terakhir adalah blunder telak di langkah 70..Kxf5? Setelah lebih dari 6 jam bermain catur di kota New York. Tapi peribahasa bahwa "Manusia berusaha Tuhan yang menentukan" terjadi. Magnus Carlsen juga ikutan tidak akurat. Sergey Karjakin yang punya julukan "Houdini" karena kerap lolos dari serangan-serangan maut, berhasil sekali lagi lolos dari lobang pentil. Dengan langkah 72.Rb2?, Carlsen lupa bahwa hitam bisa mengancam kudanya sekaligus memberi tempo pada hitam untuk improv posisi raja dan pionnya. Kesalahan ini cukup fatal dan akhirnya Magnus Carlsen pun pasrah dan seperti kata mbak-mbak di Jakarta ".... sudah capek nggak dapat hasil lagi...".

Partai ini cukup berat dan sukar untuk dianotasi, namun berikut komentar untuk

Partai Catur Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2-1/2
Ruy Lopez Berlin variation, WCC New York 2016




Bonus ; Saksikan cuplikan video partai ini dengan translation Bahasa Indonesia (under construction, susah banget bikin subtitle di Youtube... :o )...

Hasil Sementara :

Round 7
Round 8
Round 3 Carlsen – Karjakin 1/2-1/2
Round 9
Round 4 Karjakin – Carlsen
Round 10
Round 5 Carlsen – Karjakin
Round 11
Round 6 Karjakin – Carlsen
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...