Thursday, November 17, 2016

Komentar Partai ke-5 Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin - WCC 2016 New York

Seminggu sudah dwitarung catur gelar juara dunia digelar. Hingga ke round ke-5, kedua pemain bermain solid. Walaupun saling serang, Magnus Carlsen masih harus puas dengan hasil 2.5-2.5 melawan penantangnya Sergey Karjakin di kota New York City. Duel dwitarung catur dunia ini mulai digelar tanggal 11 November 2016 hingga 2 Desember 2016 sebanyak 12 babak + play off di kota New York City , USA.

Magnus Carlsen, juara catur dunia dari Norwegia menggunakan pembukaan Italia / Giuoco Piano melawan penantangnya dari Rusia, Sergey Karjakin. Pilihan pembukaan ini tetap merupakan kejutan dari Magnus Carlsen. Seperti diketahui, Carlsen adalah pecatur unik yang lebih memilih mengandalkan fase middlegame dan endgame untuk mematikan musuhnya. Diyakini Carlsen kurang minat melayani duel teori di pembukaan catur, alhasilnya adalah Carlsen selalu memilih pembukaan non mainstream yang diharapkan tidak dipersiapkan lawannya. Pembukaan Italia terakhir dimainkan di partai dwitarung dunia tahun 1981 antara Anatoly Karpov melawan Viktor Korchnoi. Tentunya Carlsen berharap kejutan pembukaan ini terus membuat Karjakin waspada dan tidak masuk ke persiapannya.

Sergey Karjakin had broke Vishy Anand record by holding Magnus Carlsen until round 5. Vishy Anand lost the fifth round in 2013 and lost the 2nd round in 2014 match against Carlsen - (photo from chess.com)


Partai duel ke-5 pun berjalan lebih bergairah ketimbang musti menyaksikan satu lagi partai RUy Lopez Berlin. Bertanding beberapa jam, di babak ke-5 ini Sergey Karjakin mampu menekan Carlsen untuk pertama kalinya. Hal ini terjadi karena Carlsen bermain lemah di langkah ke-41. Langkah raja Kg2 dianggap lemah karena menghalangi benteng putih untuk bertahan terhadap serangan di files h yang terbuka. Selidik punya selidik, Magnus Carlsen mengaku lupa mencatat satu langkah. Di langkah ke-40, jam catur Magnus Carlsen ditambahkan karena sudah mencapai time control, dalam anggapan Carlsen ini baru langkah ke-39. Namun beberapa langkah kurang kuat dari Karjakin juga menyelamatkan Carlsen dari potensi kehilangan poin. Karjakin ternyata tidak mau terlalu ambisius dengan peluang yang memang masih kecil ini.

Di konferensi pers, Magnus Carlsen terlihat kurang senang akan hasil ini. Dengan hasil remis ini, Sergey Karjakin memecahkan rekor Viswanathan Anand dalam hal mampu bertahan hingga round 5. Seperti diketahui, di duel Vishy Anand vs Magnus Carlsen 2013, Anand runtuh di round 5. Di duel Magnus Carlsen vs Vishy Anand part II 2014, Anand sudah kalah di round 2. Hasil 2.5-2.5 ini adalah tambahan moril untuk Sergey Karjakin yang terkenal kuat dalam hal bertahan.


Berikut komentar catur Partai ke-5 - Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2-1/2, 
Italian Game - Round 5 WCC New York City







Hasil Sementara :

Round 7
Round 8
Round 9
Round 10
Round 5 Carlsen – Karjakin 1/2-1/2
Round 11
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
2.5
2.5

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...