Monday, November 28, 2016

Karjakin Tantang Carlsen di Play Off - WCC 2016 New York

Calm before storm. Dua partai catur terakhir di duel dwitarung catur dunia 2016 antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin berakhir remis. Mungkin mereka lelah. Mungkin juga simpan tenaga. Yang pasti kedua partai tersebut cukup damai sejahtera, hanya sedikit kejutan di partai round 11 di mana Carlsen sempat memprovokasi dengan langkah d5 yang sekarang ramai dianalisis para pundit catur.

Round 11 dan 12 melihat kedua pecatur berkutat di tema Ruy Lopez dan Berlin Defense. Di partai ke-12, Carlsen mengatakan dia agak kurang mood hari ini dan menyudahi partainya dengan 30 langkah saja. Banyak juga pemirsa yang mengatakan kecewa karena mengira partai ini akan sengit hidup mati laganya. Carlsen dan Karjakin justru memilih bermain super safe, daripada kecolongan di partai ini mereka memilih adu nasib di catur kilat dan blitz saja. Bahkan bisa sampai ke play off catur Armageddon kalau diperlukan.

Duel dwitarung catur Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin usai sudah dengan score 6-6. Untuk pertama kalinya, Magnus Carlsen musti masuk ke babak play off karena score mereka yang imbang. Sergey Karjakin sering mengalami hal beruntung di fase tie break dengan catur cepat dan kilat ini. Yang paling notable adalah partai final Piala Dunia / World Cup nya melawan Peter Svidler di mana Karjakin berhasil mengejar ketertinggalan dan menangkan Piala Dunia.

Partai tie break / play off catur cepat dan kilat akan menyuguhkan tantangan Sergey Karjakin kepada Magnus Carlsen hari Kamis dini hari mendatang. Sementara itu, berikut dua partai round 11 dan 12 yang sudah berakhir :



Sergey Karjakin vs Magnus Carlsen 1/2-1/2, New York 2016
Round 11 WCC




Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2-1/2, New York 2016
Round 12 WCC


Sergey Karjakin to challenge the world chess champion, Magnus Carlsen in play off round. The two chess players will do rapid and blitz game to decide who the best between them.

Hasil Sementara :

Round 10 Carlsen - Karjakin 1-0
Round 11 Karjakin - Carlsen 1/2
Round 12 Carlsen - Karjakin 1/2
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
6
6

Sementara itu dunia catur berduka dengan kepergian GM Mark Taimanov (1926-2016) kemarin malam. Pecatur jadul Rusia ini sudah berusia 90 tahun. Paling terkenal karena salah satu dari dua pecatur yang dicukur habis oleh Bobby Fischer 6-0 (yang satunya lagi Bent Larsen) di partai kandidat Juara Dunia di era 70an. Mark Taimanov juga seorang pianist handal yang juga pandah bernyanyi. Taimanov juga merupakan salah satu variation di pembelaan Sicilia yang cukup sulit dan tajam.

R.I.P. Mark Taimanov


Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...