Tuesday, November 11, 2014

Viswanathan Anand Akhirnya Menang Melawan Magnus Carlsen - Round 3 World Chess Championship 2014

Dwitarung catur memperebutkan gelar juara dunia tahun 2014 memasuki babak ketiga di kota Sochi, Rusia. Hasil yang sungguh seru dibukukan oleh penantang catur, Viswanathan Anand, di mana akhirnya Anand berhasil juga mengalahkan Magnus Carlsen di partai ronde ketiga ini. Setelah sebelumnya saling temu dan tanding hampir lebih dari 13 partai , sejak dwitarung mereka di Chennai dan pertemuan di Zurich, Anand belum pernah sekalipun mencicipi lagi kemenangan melawan Magnus Carlsen di duel catur klasik. Hasil kemenangan Anand ini merubah skor menjadi 1.5-1.5, kedua pemain kembali duduk seimbang dengan peluang merebut gelar juara dunia sama-sama nyata.

Sebelumnya banyak kalangan catur dan para grandmaster berkomentar bahwa duel di kota Sochi ini akan kembali berat sebelah. Mereka melihat betapa Anand masih lagi-lagi masuk ke gaya permainan Carlsen dan tidak berkutik. Namun di ronde ketiga ini justru Carlsen yang tampak salah strategi. Kemenangan Anand adalah dikarenakan persiapan pembukaannya yang sangat mendalam di variasi Gambit Menteri Ditolak, variasi 7.c5 yang belakang ini popular (dengan julukan Aronian's Queen's Gambit) yang dimainkan Aronian melawan Michael Adams. Partai duel catur Anand vs Carlsen ronde tiga ini juga sama persis menghasilkan bangunan di partai Tomashevsky vs Riazantsev tahun 2008, kecuali beda posisi bidak h putih di h3. Magnus Carlsen terpaksa harus masuk ke persiapan pembukaan Anand, berusaha melawan semampunya dan menghabiskan waktu cukup lama berpikir. Bagi Anand, ini mungkin cara satu-satunya untuk mengalahkan Carlsen. Diyakini Magnus Carlsen tidak terlalu antusias di pembukaan dan kelebihan utamanya adalah di middle game dan endgame. Di ronde pertama sebenarnya Anand juga mampu memberikan tekanan di pembukaan, namun masih bisa ditepis oleh Magnus Carlsen. Kemenangan ini mengembalikan percaya diri Anand dan penggemar caturpun bisa lega menantikan pertempuran berdarah yang lebih seimbang dari partai Anand vs Carlsen edisi ke-2. Topik hangat hari ini adalah, si Macan Madras bangkit kembali!

After meeting more than 13 times, since Chennai and then Zurich, Anand finally cracked Magnus Carlsen. This is only happened when Carlsen caught in the opening preparation by Anand. In the pers conference Anand suggested that his preparation is still going on. Carlsen lost was a relief to chess fans, and obviously to Anand. With this level score board, WCC Sochi 2014 can be reset and start again in more fighting atmosphere.

 World Chess Championship alias kejuaraan dunia catur ini digelar dari tanggal 7 November 2014 hingga 28 November 2014, sebanyak 12 ronde + tie break jika diperlukan. Berlokasi di kota Sochi, Rusia. Setiap partai akan disiarkan LIVE melalui website resmi dan juga pasti direlay beberapa website LIVE chess lainnya. Website official ada di http://www.sochi2014.fide.com/ . Hingga babak ketigascore sementara adalah:

Komentar / Anotasi Catur  WCC 2014 Sochi, Carlsen vs Anand :
Round 1: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus ½-½ 48 D85 Gruenfeld Defence
Round 2: Carlsen, Magnus - Anand, Viswanathan 1-0 35 C65 Ruy Lopez Berlin
Round 3: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus 1-0 34 D37 QGD 5.Bf4
Round 4: Carlsen, Magnus - Anand, Viswanathan 1/2-1/2 Sicilian
Round 5: Anand - Carlsen : 1/2-1/2 E15 QID Fianchetto Variation
Round 6: Carlsen  - Anand 1-0 B41 Sicilian Kan Bronstein Variation
Round 7: Carlsen - Anand 1/2-1/2 C67 Ruy Lopez Berlin
Round 8: Anand - Carlsen 1/2-1/2 D37 QGD 5.Bf4
Round 9: Carlsen - Anand 1/2-1/2 C67 Ruy Lopez Berlin
Round 10: Anand - Carlsen 1/2-1/2 D97 Gruenfeld Defence Russian variation
Round 11: Carlsen - Anand 1-0 D67 Ruy Lopez Berlin

Berikut komentar partai catur ronde ketiga WCC (World Chess Championship) 2014 dalam bahasa Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber dan pengamatan sendiri.

Partai Catur Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus 1-0 WCC Round 3 Sochi
ECO D37 Queen's Gambit Declined 5.Bf4


anotasi partai Anand mengalahkan Carlsen , ronde 3 

Anand tampak bahagia menikmati posisinya. Ini kemenangan pertama Anand melawan Magnus Carlsen di dwitarung juara dunia catur.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...