Wednesday, November 23, 2016

Round 9 Karjakin Pertahankan Keunggulan vs Magnus Carlsen - WCC 2016 New York

Duel dwitarung juara catur dunia antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin dilanjutkan ke round 9. Posisi sekarang adalah 3.5-4.5 untuk penantang dari Rusia Sergey Karjakin. Sergey Karjakin yang berhasil menggebuk Carlsen di round 8 sekarang memegang buah putih di round 9. Perhatian dunia catur tertuju pada partai catur ke-9 ini untuk melihat bagaimana reaksi Magnus Carlsen setelah pertama kalinya tertinggal di dwitarung gelar juara dunia. Pertempuran di babak 9 pun berlangsung sengit dengan Carlsen memilih pembelaan Ruy Lopez dan variasi mirip "Arkangelsk" atau variasi Malaikat dengan posisi gajah hitam langsung maju ke diagonal panjang.

Partai ini berlangsung cukup seru, di middle game banyak taktik bisa dilangsungkan, berbeda dengan partai-partai sebelumnya di mana bangunan senyap. Sorakan penggemar catur online (dan di venue pertandingan) terjadi ketika Carlsen melakukan langkah ..Ne7 yang langsung memberi evaluasi +1 pada Karjakin. Combo panjang bisa terjadi jika Karjakin menemukan jawaban Qb3, tapi dia memilih combo yang lebih jelas Bxf7+. Carlsen tertinggal satu pion , si juara dunia bertahan habis-habisan untuk bisa mencapai hasil remis.

Komentator banyak mulai menyadari betapa si Sergey Karjakin yang lugu, gagap-gagapan ini ternyata sekarang sudah unggul poin dari si anak muda Magnus Carlsen.

Chess fans begin to realize that Magnus Carlsen era could really ended if Karjakin found Qb3!

Dwitarung juara dunia catur 2016 digelar di New York, akan berlangsung sebanyak 12 rounds. Setelah sembilan pertemuan, Sergey Karjakin dari Rusia unggul 1 point melawan Magnus Carlsen dari Norwegia. Tersisa tiga lagi partai untuk Magnus Carlsen bisa mengejar ketertinggalannya. Jikalau tidak maka dunia catur akan segera punya juara dunia catur baru : Sergey Karjakin. Juara catur dengan nama huruf "K" lagi!


Komentar Partai Catur Round 9, Sergey Karjakin vs Magnus Carlsen 1/2-1/2
Ruy Lopez Moeller Defense




Suasana pertandingan seperti di share di Twitter :



Mantan Juara dunia Vishwanathan Anand juga ikutan berkomentar dalam wawancaranya, berikut sedikit cuplikan terjemahan wawancara Anand setelah round 8 dengan Karjakin unggul 1 point atas Carlsen, ada di Chessbase India:

Penanya : World Chess Championship / Dwitarung Gelar Juara Dunia Catur sekarang sudah delapan partai. Satu kemenangan untuk Karjakin dan tujuh draw. Bagaimana nich menurut anda mr Anand?

Anand : Satu hal yang saya rasakan setelah game 6 adalah tensinya jadi meningkat. Walaupun kelihatannya tidak ada sesuatu yang terjadi. Semakin dikit rondenya semakin besar harga yang harus dibayar kalau terjadi kesalahan. Waktu untuk recover juga makin dikit. Memang menurut saya deadlock akan segera berakhir, tapi tetap dramatis sih. Ini salah satu alasan saya tetap pengen ada catur klasik. Saya menontonnya dengan penuh seksama. (Catatan: Anand ada di Chennai, 10 jam beda dengan di New York).

Walau demikian, saya rasa dwitarung tetap bisa berakhir dengan dua hasil. Karjakin hanya unggul satu point. dengan satu kemenangan Carlsen bisa balas mengejar. Suasana psikologis memang berubah. Sergey tentu yang paling senang dengan situasi ini dibanding tidak ada poin. jadi kamu bisa merasakan tensinya. Kedua pemain musti beradaptasi dengan situasi baru ini. Magnus itu banyak usaha, mari kita tunggu bagaimana dia bisa menghadapi situasi ini. Saya tak punya penglihatan khusus, tapi kedua pecatur berekperimen dan itu membuat jadi makin bergairah.

Penanya : Bagaimana persiapan opening kedua pecatur sejauh ini?

Anand : Saya hanya bisa bilang Magnus yang menand di duel soal pembukaan. Dia menyamakan keadaan dengan buah hitam secara mudah, lebih mudah daripada Karjakin. Tapi menurut saya tidak banyak yang bisa diberikan di fase pembukaan ini dalam dwitarung ini. Magnus memang hilang beberapa kesempatan bagus. Saat ini mental sangat penting. Prediksi saya Carlsen mau mencoba membuat kejutan terus di pembukaan. Jika dia bisa membuat Karjakin masuk ke posisi tidak familiar, maka dia akan mengusahakan hal itu. 

Kita lihat di partai ke-8 keduanya berjuang di bangunan yang tidak familiar. Memang asyik kalau kita bisa membuat lawan kita keluar dari preparation, tapi kita juga keluar dari comfort zone.

Hasil Sementara :

Round 9 Karjakin - Carlsen 1/2
Round 10
Round 11
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
5

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...