Saturday, November 15, 2014

Magnus Carlsen Raih Kemenangan Kedua vs Anand - Rd 6 Sochi 2014

Reaching the end of first half, round 6 of World Chess Championship see Carlsen get his second win over Anand. Round 6 is a Sicilian game in Kan-Bronstein variation with 6..Bb4. As soon as the queen trade off, Carlsen build attack on king's side. Anand's counter attack with dubious a pawn was not a success. The game can turned into different result when Carlsen looks horribly blundered at 26.Kd2, but Anand just didn't see this gift and move on. Carlsen success transposing his positional advantage into concrete two passed pawns. Anand then collapse with a blundered on move 37, just ten minutes left on his clock. Score is 3.5-2.5 for Carlsen favor at Sochi right now.


Di babak ke-enam dwitarung Magnus Carlsen melawan Vishy Anand di Sochi, Carlsen membuahkan kemenangan kedua dengan memegang buah putih. Di ronde 6, kedua pemain catur top ini bermain di pembelaan Sisilia. Tampak pembelaan ini menjadi andalan baru buat Anand jika Carlsen melangkah e4. Berbeda dengan ronde 4 di mana Carlsen berusaha mengelak dari langkah utama, di ronde ini Carlsen mengikuti variasi sejuta umat dengan 3. d4 sekarang. Setelah terjadi pertukaran menteri, posisi Carlsen diyakini lebih gampang dimainkan. Rencana Carlsen menekan di sayap raja berhasil. Namun di langkah 26 Carlsen sebenarnya melakukan blunder. Anand tidak melihat kesalahan ini, mungkin dikarenakan sedang asyik bertahan, dan alhasil sebuah kesalahan yang tidak dihukum menjadi langkah bonus untuk Carlsen.

Setelah bertahan hingga 37 langkah, Anand blunder berat dan segera menyerah. Score dwitarung memperebutkan gelar juara dunia catur ini merubah menjadi 3.5-2.5 untuk keunggulan Carlsen. Di pers konferen, Carlsen mengaku cukup panik melihat blunder nya di langkah 26. Namun dia bilang sangat beruntung karena Anand pun tidak mendeteksi hal tersebut.

World Chess Championship alias kejuaraan dunia catur ini digelar dari tanggal 7 November 2014 hingga 28 November 2014, 12 ronde dijadwalkan dengan tambahan tie break jika diperlukan. Turnamen berlangsung di kota Sochi, Rusia. Setiap partai akan disiarkan LIVE melalui website resmi dan juga pasti direlay beberapa website LIVE chess lainnya. Website official ada di http://www.sochi2014.fide.com/ .

 Komentar / Anotasi Catur WCC 2014 Sochi Carlsen - Anand :
Round 1: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus ½-½ D85 Gruenfeld Defence
Round 2: Carlsen, Magnus - Anand, Viswanathan 1-0 C65 Ruy Lopez Berlin
Round 3: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus 1-0 D37 QGD 5.Bf4
Round 4: Carlsen, Magnus - Anand, Viswanathan 1/2-1/2 B40 Sicilian Kan
Round 5: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus 1/2-1/2 E15 QID Fianchetto Variation
Round 6: Carlsen - Anand 1-0 B41 Sicilian Kan Bronstein Variation
Round 7: Carlsen - Anand 1/2-1/2 C67 Ruy Lopez Berlin
Round 8: Anand - Carlsen 1/2-1/2 D37 QGD 5.Bf4
Round 9: Carlsen - Anand 1/2-1/2 C67 Ruy Lopez Berlin
Round 10: Anand - Carlsen 1/2-1/2 D97 Gruenfeld Defence Russian variation
Round 11: Carlsen - Anand 1-0 D67 Ruy Lopez Berlin

  Berikut komentar partai catur ronde keenam duel Anand vs Carlsen di WCC (World Chess Championship) 2014 dalam bahasa Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber dan pengamatan sendiri.




Black to move after 26.Kd2

Carlsen on winning round 6  and blundered : "I was extremely lucky..."
Anand : "You don't see it when not expecting a gift..."

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...