Tuesday, November 15, 2016

Game 4 - Karjakin Lolos Lagi vs Magnus Carlsen - WCC New York 2016

Lagi-lagi partai catur panjang yang dimainkan di round 4 antara penantang Sergey Karjakin melawan juara dunia Magnus Carlsen berakhir dengan hasil separoh-separoh. Dengan mengulangi pembelaan Ruy Lopez Closed mirip di partai ke-2, Carlsen yang memegang buah hitam perlahan memperbaiki posisi-nya hingga menghasilkan bangunan gajah+kuda vs gajah kembar. Lebih seru lagi, Carlsen bisa menyulap adanya dua pion aktif di sayap raja untuk mengintimidasi daerah kekuasaan si pecatur Rusia.

Dengan evaluasi komputer yang sempat masuk ke nilai -2, penonton catur live dwitarung gelar juara dunia ini makin tegang dan berharap Carlsen bisa pecah telur memetik poin penuh. Namun sepertinya feng-shui Sergey Karjakin masih tetap bagus. Style permainan catur Karjakin yang cenderung bertahan ternyata cukup sukses dihadapkan pada gaya catur Magnus Carlsen. Setelah melewati partai endgame yang melelahkan hingga 90-an langkah, kedua pemain sepakat hasil remis.

Lagi-lagi ini partai catur berat dan hanya komentar-komentar ringan hasil rangkuman membaca anotasi grandmaster dunia di website-website catur lainnya :

Anotasi partai catur round 4 ada di bawah :



Partai Catur Sergey Karjakin vs Magnus Carlsen 1/2-1/2
Ruy Lopez Closed Variation , World Chess Championship 2016 New York



Hasil Sementara :

Round 7
Round 8
Round 9
Round 4 Karjakin – Carlsen 1/2-1/2
Round 10
Round 11
Round 6 Karjakin – Carlsen
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
2

Markibo -- mari kita bobo, di sela-sela permainan, Magnus Carlsen sempat baring di sofa


Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...