Monday, September 16, 2013

Partai Catur Pembelaan Sisilia Najdorf - Movsesian vs Kasparov 2000

Dear pembaca dan penggemar catur budiman, berikut saya share satu lagi partai catur dari Pembelaan Sisilia. Ini adalah sebuah partai catur yang sangat instruktif untuk diikuti dan bisa menjadi partai percontohan bagi yang senang pembelaan Sisilia, terutama varian Najdorf. Di Sisilia Najdorf (ECO B90), tema korban tukaran / "Exchange Sacrifice" yang melibatkan korban benteng hitam vs kuda putih di petak c3 menjadi pusat perhatian dalam partai ini. Yang bermain adalah grandmaster kuat dari Armenia GM Sergey Movsesian melawan GM Garry Kasparov. Latar belakang game ini bisa dibaca di komentar catur di bawah. Partai ini dimainkan di tahun 2000 turnamen di Sarajevo.

Updated: Partai ini juga diklasifikasikan sebagai partai pembukaan Sisilia Najdorf-Scheveningen, untuk melihat pembahasannya dari sudut pandang Scheveningen bisa mengikuti bukunya Lorin D'Costa berjudul The Sicilian Scheveningen: Move by Move

Buku (berbahasa Inggris) yang membahas partai ini bisa ditemukan di:

Garry Kasparov's Greatest Chess Games Part II - Igor Stohl
On The Attack!! The art of Attacking Chess According to Modern Master - Jan Timman
Rethinking the Chess Pieces - Andrew Soltis

This is a game commentary of Movsesian vs Kasparov, 2000. The commentary was in Bahasa Indonesia and concluded from the literature above.


Partai Catur Pembukaan Sisilian Najdorf
Sergey Movsesian vs Garry Kasparov 0-1, 2000 Sarajevo
B90 - Sicilian Najdorf / Scheveningen


Game viewer ini dari Chess.com dan sudah dites bisa berjalan di platform Android dan Blackberry, semoga tidak ada masalah. Selamat menikmati, dan semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya.

Lihat juga Partai-partai catur dengan komentar bahasa Indonesia lainnya di link ini:
http://red-white-chess.blogspot.com/2013/08/kumpulan-partai-catur-dengan-anotasi.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...