Tuesday, February 3, 2015

Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah Super Turnamen Catur Golden League ?

Jakarta To Be One of Chess Super Tournament Host 2016
Kabar sangat menarik dirilis kemaren malam mengenai kemungkinan Jakarta sebagai salah satu tuan rumah dalam seri turnamen super catur terbaru bertitle "Golden League Chess" alias Liga Catur Emas.

GM Ian Roger adalah yang pertama meng-twit berita ini, yang segera dikonfirmasi oleh IM Malcolm Pein dari London.


Berita ini pertama kali terdengar di saat Veselin Topalov menyampaikan masterclassnya di Gibraltar Chess 2015 dan waktu ditanya mengenai jadwal tandingnya, Topalov menyebut turnamen-turnamen ini.

Super turnamen yang dimaksudkan adalah : Stavanger di Norwegia, St. Louis di Amerika dan London Classics. Turnamen ke-empat direncanakan berlangsung di Jakarta tapi baru dimulai tahun 2016. Ketiga event ini segera dinamai "Golden League Chess". Semua super turnamen catur ini diformat dengan 10 pemain, dengan 9 pemain berating teratas ditambah satu pemain wildcard pilihan panitia setempat. Turnamen ini terlepas dari organisasi catur dunia FIDE. Sponsor dibalik turnamen ini adalah Garry Kasparov sendiri dan konglomerat Rex Sinquenfeld dari Amerika Serikat. Salah satu daya tariknya adalah dana 1 Million (USD?) yang disebut-sebut.

Berikut beberapa informasi yang dirilis mengenai super turnamen ini:
Chess24.com - Stavanger St Louis London to Form 1 Million Golden League Chess
Telegraph.co.uk - 1 M Chess Golden League Set for Next Year
Article dari Norwegia 

We are excited to hear new super tournament potential happening in Jakarta. As reported by chess24.com, Telegraph.co.uk and other sources, Jakarta is plan to take part in newly formed, 1 M chess super tournament "Golden League". The new series already set in Stavanger, St. Louis and London. Jakarta is to join them in 2016. In any case, as chess enthusiast and writer in Indonesia, I am exciting to see this happen, and if possible to take part in it as journalist. 
Penulis berharap bisa menjadi bagian dalam pagelaran akbar catur ini, jika terlaksana.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...