Wednesday, April 22, 2015

Komentar Catur Nigel Short vs Lubomir Ljubosevic 1989

Berikut satu lagi kliping catur dari Tabloid Bola jadul.

Siapa Nigel Short? Dia adalah pecatur asal Inggris yang sempat berjaya di puncak percaturan dunia di era '90. Di tahun 1993 Nigel Short berhasil mencapai level dunia dengan memenangkan turnamen kandidat juara dunia. Nigel Short pun berhak menantang juara dunia saat itu, Garry Kasparov. Namun sejarah mencatat Kasparov membuat federasi catur baru bernama PCA dan di bawah bendera PCA ini pula partai dwitarung catur Garry Kasparov vs Nigel Short dilangsungkan. Belasan tahun kemudian Nigel Short kembali bernostalgia melawan Garry Kasparov di tahun 2015, lihat link nya di sini.

Hingga sekarang Nigel Short tetap aktif bermain catur dan sering mengunjungi Asia Tenggara termasuk Indonesia. Beberapa hari lalu Nigel Short membuat heboh dunia percaturan dan dunia umumnya dengan artikel kontroversi mengenai perbedaan gender di catur antara pria dan wanita, di majalah New In Chess. Nigel Short secara tidak langsung mencoba menggali topik tak berkesudahan. Media umum seperti Telegraph, BBC semua dengan sigap mengekspos tema tersebut dengan bumbu-bumbu tambahan. Pembaca bisa membaca berita hangat ini di artikel Chessbase yang cukup fair dalam situasi ini.  Jelas Nigel Short juga menjadi semakin terkenal atas berita ini.


kliping catur partai Nigel Short vs Lubomir Ljubosevic
"Indah dan Brillian" ("Beautiful and Brilliant" chess column from Indonesian newspaper circa '90s)


Popularitas Nigel Short di era '90 tertangkap oleh artikel catur dari Lugito Hayadi yang dulu selalu menghiasi tabloib Bola. Di kliping ini kita melihat permainan "Indah dan Brillian" dari Nigel Short melawan pecatur Yugoslavia Lubomir Ljubosevic. Partai catur yang berlangsung di Beograd 1989 memperagakan bagaimana taktisnya serangan Nigel Short menghadapi pembelaan Sisilia.

Partai Catur Nigel Short vs Lubomir Ljubosevic 1-0, Beograd 1989
ECO B81  Sicilian Scheveningen Keres Attack - Serangan Keres

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...