Sunday, April 12, 2015

Hikaru Nakamura Wins / Menangkan US Chess Championship 2015

Kejurnas catur Amerika Serikat memang selalu asyik untuk diikuti biasanya, terlebih lagi tahun ini hadir pula beberapa pecatur favorit. Mereka adalah Hikaru Nakamura, Wesley So dan beberapa tambahan pecatur muda Amrik lainnya. Hikaru Nakamura memang absen selama 2 tahun di kejuaraan nasional USA karena dia merasa kejurnas ini sudah tidak level dengan peringkat nya. Namun kehadiran Wesley So di kancah percaturan Amerika Serikat membuat Hikaru Nakamura merasa harus "turun gunung". Pecatur lainnya adalah Gata Kamsky. Pecatur yang pernah merasakan era Kasparov - Karpov ini masih langganan juara di Amerika. Adapula Alexander Onischuk, juga pecatur ex-Sovyet. Beberapa daun muda lainnya adalah Samuel Sevian, Sam Shankland, Daniel Naroditsky, Conrat Holt dan Kayden Troff. Hadir pula pecatur mantan teman sekamar Wesley So yaitu Ray Robson. Disusul dua pecatur kelahiran "ex-Sovyet" lainnya di Amerika yaitu  Varuzhan Akobian dan Timur Gareev. Varuzhan Akobian dari Armenia sedangkan Timur dari Uzbekistan.

Kedua belas pecatur ini akan memperebutkan trophy US Chess Championship 2015, bersama 12 pecatur wanita lainnya yang dipimpin Irina Krush. Kejuaraan ini berlangsung di kota Saint Louis. Saint Louis sejak decade terakhir ini memang betul-betul menjelma sebagai ibukota catur di Amerika Serikat dengan bekingan konglomerat Rex Sinquefield.

Akhir dari 11 rounds di US Chess Championship 2015 ini adalah, Hikaru Nakamura dengan mantap kembali merebut gelar juara Amerika Serikat. Ini adalah trophy-nya yang ke-empat kali, setelah dia meraih gelar ini pertama kali di tahun 2005. Ray Robson secara mengejutkan lompat ke posisi ke-2. Sementara Wesley So musti puas di posisi ke-tiga. Wesley So mengaku kejuaraan ini penuh dengan kesulitan, baik teknis maupun non teknis. Seperti kita tahu, Wesley So yang baru saja berpindah federasi catur dari Philipina ke Amerika Serikat, ternyata ada kendala keluarga di masa-masa ini. Wesley So sekarang hanya tinggal di negara bagian Minnesota bersama keluarga Phillipina lainnya. Dia juga sudah tidak kuliah di Webster lagi. Baca juga BERITA ini (bahasa Inggris) untuk mengetahui kondisi latar belakang Wesley So. Di US Chess Champ 2015 ini, Wesley So menderita banyak kekalahan, terlebih adalah diskualifikasi / forfeit nya di round 7 melawan Varuzhan Akobian, dikarenakan ketergantungan Wesley So dengan catatan-catatan / notes untuk mengingatkan dirinya. Dari laporan diketahui bahwa si Wesley, kalau sudah galau, memang suka menulis notes di mana-mana. Di round 7 ini, kejadiannya Wesley So menulis kalimat-kalimat di kertas lainnya pas waktu sedang bertanding, Varuzhan merasa aneh dan melaporkannya kepada wasit, Wesley pun didiskualifikasi karena sudah tiga kali diperingati akan hal ini.

Di bagian puteri, Irina Krush akhirnya tampil sebagai pemenang US Chess Championship 2015. Irina mempertegas dominasinya di kancah percaturan Amerika Serikat dengan mengkoleksi 7 gelar juara puteri Amerika Serikat, empat kali dilakukan secara berturut-turut. Memang di bagian puteri, pecatur-pecatur Amerika datang silih berganti. Posisi kedua diduduki pecatur Nazi Paikidze, adalah pecatur dari daratan Rusia yang kuliah dan ganti federasi ke Amerika Serikat.

Berikut urutan final standings for US Chess Championship 2015
1. Nakamura, Hikaru 8
2. Robson, Ray 7.5
3. So, Wesley 6.5
4. Onischuk, Alexander 6
5. Sevian, Samuel 5.5
6. Kamsky, Gata 5.5
7. Akobian, Varuzhan 5.5
8 Shankland, Samuel L 5
9. Troff, Kayden W 5
10 Holt, Conrad 4.5
11 Gareev, Timur  4
12 Naroditsky, Daniel 3

Final Standing US Women Chess Championship 2015
1. Krush, Irina 8.5
2. Paikidze, Nazi  7.5
3. Nemcova, Katerina 7.5
4. Ni, Viktorija 7
5. Sharevich, Anna 6.5
6. Goletiani, Rusudan 6
7. Abrahamyan, Tatev  5.5
8. Foisor, Sabina-Francesca 5.5
9 Wang, Annie 3.5
10. Virkud, Apurva 3.5
11. Melekhina, Alisa 2.5
12. Yu, Jennifer R  2.5

Official Website

Berikut salah satu partai catur Hikaru Nakamura melawan Daniel Naroditsky di round 5, di mana Nakamura memainkan pembelaan Sisilia Modern dengan langkah menarik, korban benteng di petak c3.

Partai Catur Daniel Naroditsky vs Hikaru Nakamura 0-1, US Chess Championship 2015 St. Louis
B79 Modern Sicilian



Partai Daniel Naroditsky vs Gata Kamsky 1/2-1/2 Round 11

Live commentaries, Yasser Seirawan and Jennifer Shahade, bersama Garry Kasparov 

Garry Kasparov ... yang akan hadir di Saint Louis akhir bulan ini untuk Rapid dan Blitz Chess melawan Nigel Short .... stay tune

analisis partai Hikaru Nakamura vs Alexander Onischuk di round 11

Hikaru Nakamura won his 4th US Championship title

Irina Krush, 7th USA Chess Championship title


pecatur cantik Nazi Paikidze, pindahan dari Rusia ke USA
2nd runner up US Chess Championship 2015

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...