Tuesday, September 20, 2011

Peter Svidler Juara Piala Dunia 2011

Peter Svidler, pecatur Russia berusia 35 tahun akhirnya tampil menjadi juara Piala Dunia edisi tahun ini. Svidler bermain remis di partai ke empat babak final, dia melawan sesama pecatur Russia Alexander Grischuk. Hasil remis ini cukup untuk mengantar Peter mencapai prestasi tertingginya hingga saat ini, karena di partai pertama sudah mengantongi satu kemenangan. Skor babak final Svidler vs Grischuk adalah 2.5-1.5.     website domain hosting

Di babak perebutan juara ketiga, pecatur Ukraina GM Vassily Ivanchuk yang juga seangkatan Svidler berhasil menjawab fansnya dengan mengalahkan rekan senegara GM Ruslan Ponomariov. Ivanchuk berada pada posisi tertekan sepanjang partai ke empat ini, di mana terjadi pembelaan Ratu Hindia (Queen Indian Defence, E15). Melewati permainan tengah yang kurang defensif, Ivanchuk masuk ke permainan akhir dengan kalah satu bidak, di mana posisi komputer memberi nilai hingga +1.8 untuk putih. Tapi di tengah desakan jam catur, Ponomariov bermain tidak akurat di langkah 50.Kg4, menyebabkan Ivanchuk berhasil mengaktifkan Bishop / Gajah hitam yang terkurung, dengan langkah ...f3 dan ...Kh8!. Dengan pengorbanan sementara bidak f3, hitam berhasil mencapai posisi remis 2 Kuda + 1 bidak melawan Kuda,Gajah + 1 bidak.

Hasil Piala Dunia edisi ini mengkonfirmasi Peter Svidler, Alexander Grischuk dan Vassily Ivanchuk masuk ke turnamen perebutan Kandidat penantang Juara Dunia Vishwanathan Anand, di mana dipastikan salah satu peserta adalah juga GM Boris Gelfand dari Israel. Turnamen kandidat akan diikuti delapan peserta, yang sebelumnya juga disaring dari elo rating, berarti GM Magnus Carlsen dan Vladimir Kramnik berpeluang ikut serta. Dan terakhir ditambah pecatur unggulan dari panitia atau tuan rumah.

(show chess board)(hide chess board)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...