Tuesday, May 11, 2010

Anand Juara Dunia Catur 2010

The title mean "Anand World Chess Champion 2010". This article is dedicated for Indonesian reader.

Seperti diketahui Vishy Anand barusan mengalahkan Visy Topalov di 12 partai duel juara dunia. Dari 12 partai lima berakhir dengan kemenangan dan sisanya remis. Empat kemenangan oleh pihak putih dan satu oleh pihak hitam, ironisnya terjadi di partai terakhir dengan Anand memegang buah hitam.

Ronde ke-12 dibuka dengan 1.d4, selanjutnya Anand tidak mengandalkan Slav nya dan Gruenfeld tapi malah bermain Gambit Ratu Ditolak, yang katanya nggak pernah diterapkan Anand sebelumnya. Pembukaan berakhir dengan Topalov positional sedikit lebih baik tetapi hitam memiliki ruang gerak dan mobilisasi yang baik pula. Dan dengan mengandalkan mobilisasi ini hitam bermain gesit dan akhirnya putih melakukan dua kali kesalahan anti positional, 31.exf5, 32.fxe4, dua duanya dimainkan Topalov dengan hanya berpikir kurang dari tiga menit. Agak menyedihkan karena selama duel Topalov sangat agresif dan bermain untuk menang.

Partai bisa dilihat interaktif di banyak website, website Chessdom punya laporan akumulatif atas pertandingan ini bisa dilihat di sini. Sedangkan Chessvibes juga punya viewer yang lebih enak dilihat, ada di sini.

Selanjutnya beberapa event seru adalah Grand Prix di Astrakhan, setelah ronde dua pecatur Israel dan Juara Piala Dunia Boris Gelfand mengalahkan pecatur berbahaya Shak Mamedyarov, Gelfand bermain korban bidak dan untuk beberapa saat di analisa komputer terlihat angka minus (hitam menang) tetapi akhirnya korban bidak bisa dikompensasi dan putih pun menang. Lihat partainya di sini.

Grand Prix di Astrakhan adalah rangkaian terakhir Grand Prix FIDE dan meloloskan dua kandidat untuk turut bertempur di Kejuaraan Dunia kelak. Si Levon Aronian dari Armenia sudah memastikan diri lolos selanjutnya urutan kedua masih cukup terbuka dan musti ditentukan di even ini. Pecatur Teimour Radjabov sementara berada di posisi kedua dan kemungkinan terbesar untuk lolos. Lihat website utama, http://astrakhan2010.fide.com/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...