Saturday, September 3, 2016

IM Irwanto Sadikin Kalahkan GM Luke McShane - Chess Olympiad Baku 2016 Round 2

Selesai pagelaran Olympiade musim panas di negara Brasil kota Rio, insan olahraga (catur) disambut dengan even Olympiade Catur di kota Baku negara Azerbaijan. Seperti diketahui, dikarenakan panjangnya (dan buanyaknya) proses tanding catur, apalagi per team, maka olahraga catur tidak bisa begitu saja nyunsep ke dalam even Olympiade seperti cabang bulu tangkis atau lomba lari. Sebab inilah, FIDE akhirnya musti menyelenggarakan Olympiade khusus catur setiap 2 tahun sekali.

Di tahun 2016 ini, Olympiade catur dilangsungkan dengan tuan rumah negara Azerbaijan. Bertepat di ibukotanya, Baku, Chess Olympiade 2016 berlangsung dari tanggal 1 September 2016 hingga 14 September 2016. Sebanyak 178 team bertanding di kategori Open dan 131 team di kategori Women (namun banyak juga yang no show alias nggak nongol...) membuat even seberat olympiade ini sungguh penuh dengan pemain hingga hampir ribuan pecatur termasuk official.

Tentunya team kesayangan dan kebanggaan kita, Indonesia, hadir di Olympiade ini. Pecatur IM Muhammad Lutfi Ali, IM Irwanto Sadikin, Taher Yoseph Theolifus dan FM Ivan Putra Pasaribu membela team putera Indonesia. Kabarnya GM Utut Adianto sendiri juga akan turun di olympiade ini. Team Women Indonesia chess 2016 adalah : WIM Monica Chelsie Sihite, WFM Afifa Ayyun Faruq, Putri Regita Desyari, Julisa Pasaribu, dan Theodora Walukow Paulina.
Sesi olympiade tahun ini, pecatur kenamaan Indonesia seperti Susanto Megaranto, Irene Sukandar, Medina Aulia, Sean Winshand, Pitra Andika dan kawan-kawan tidak hadir, sehingga kesempatan bermain di level olympiade sedikit banyak bisa disharingkan oleh potensi pecatur-pecatur baru.

Di babak pertama, seperti dilaporkan di chess-results.com, team putera Indonesia tampil mulus mengalahkan team Virginia Island (USA) 4-0. Namun team puteri musti bertemu tim kuat Swedia dan menelan kekalahan 0.5-3.5. Kekalahan team puteri membuat pairing di round 2 lebih ringan dengan dipertemukannya dengan team Suriname. Round 2 Chess Olympiade 2016 untuk Chelsie dkk pun berakhir mulus 4-0 untuk team srikandi Indonesia.

Sedangkan untuk round 2 team putera, Indonesia berhadapan dengan team lumayan kuat, England. Hasilnya juga lumayan untuk fans catur Indonesia. Di board 1, Muhammad Luthfi bermain panjang dan menahan remis GM Michael Adams. Bisa disimak partai caturnya di bawah ini yang dipublikasi oleh chess.com :


Partai IM Irwanto Sadikin vs GM Luke McShane juga dapat pujian dari chess.com, yang menulis :

England only defeated Indonesia 2.5-1.5 because there was an even bigger upset. IM Irwanto Sadikin The played the game of his life against GM Luke McShane.

Sadikin The, Irwanto (2327) vs. McShane, Luke J (2671)
Baku Chess Olympiad | Open | Baku | Round 2.3 | 3 Sep 2016 | 1-0



Dengan hasil ini, tim putera Indonesia akan bertemu Team Morroco di round 3, dan team puteri bertemu team Luxembourg.

Berita seru di round 2 Chess Olympiad adalah sudah turunnya Magnus Carlsen melawan team Bangladesh. Magnus membuat sensasi dengan memainkan pembukaan nyentrik 1.e3. Berikut partainya :


Partai yang langsung dikomentari rekan se regunya dari Norwegia, GM Ludvig Hammer :


Foto-foto team Indonesia dari sumber media sosial :

Irwanto Sadikin vs Luke McShane 1-0 2016

M. Lutfi Ali vs Michael Adams 1/2-1/2 2016

Olympiade catur Baku 2016 bisa disaksikan di website official . Link hasil di chess-results untuk Putera dan Puteri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...