Saturday, September 17, 2016

Pecatur Kalbar Kamalsyah Juara Di Kuala Lumpur 2016

Kedekatan geografis dan kemudahan traveling di kota Pontianak menuju Kuala Lumpur membawa berkah untuk pecatur-pecatur asal Kalimantan Barat. Pecatur Muhammad Kamalsyah dan rekan Arief Rahman berangkat menuju Kuala Lumpur untuk mengikuti Malaysia Chess Festival 2016. Didampingi official Basirin dan satu lagi pecatur puteri berbakat Muliati, Kamalsyah pun sukses mencetak prestasi sebagai juara 1 di kategori 11th GOLDIS Malaysia Chess Challenge 2016 atau Challenger group.

Bermain sebanyak 9 rounds, Kamalsyah memasuki round terakhir dengan unggul 1 point dari seluruh pesaing pecatur lainnya. Berhadapan dengan rekan senegara Putu Luhur Kusuma, Kamalsyah maju dengan pertahanan Nimzo-India, setelah bermain 21 langkah hasilnya pun menjadi draw. Keunggulan point 8/9 adalah yang tertinggi dari seluruh peserta, alhasil pecatur asal Pontianak Kamalsyah pun meraih juara pertama di Kuala Lumpur 2016 ini. Hadiah RM 2000 pun diyakini akan siap diterima Kamal.

Prestasi ini memberi inspirasi bagi pecatur-pecatur daerah di Indonesia agar bersemangat mencari turnamen international yang lebih teratur pelaksanaannya sekaligus tertib dalam hal elo rating. Setahunan lalu, pecatur asal Kalbar, Marcel juga menjadi jawara juara 1 O2SN tingkat SD di Indonesia. Memberi pratanda adanya kebangkitan percaturan di propinsi yang banyak pantai-pantai indah dengan sunset nan keren ini. Pada kesempatan turnamen di Kuala Lumpur 2016 ini, pecatur junior kota Pontianak yang juga turun bertanding di antaranya pecatur Muliati Martalena dan Arief Rahman (peringkat #10 di groups Challenger juga). Sejumlah pecatur atlet PON dari berbagai propinsi juga sempat bermain di KL sebagai warming up PON 2016.


  Kamalsyah melawan pecatur tuan rumah di round 8 - photo Facebook page Bidak Khatulistiwa CC.

The challenger section of Malaysia Chess / KL Chess 2016 had been sensationally won by youngster M. Kamalsyah Patappa. Kamal is bright chess talent coming from West Kalimantan province, he is indeed won many local events and travel to KL for more international chess experiences. (Photo : Facebook)

Kamalsyah in one of Pontianak's local chess events
Pecatur muda Kamalsyah dari Pontianak menjuarai turnamen catur international di Kuala Lumpur 2016 (photo : red-white-chess.blogspot.com)


Final Standing  11th GOLDIS Malaysia Chess Challenge 2016:

1 Kamalsyah Muhammad INA 8,0
2 Tan, Yong Zhao MAS 7,5
3 Yusoff, Fairul MAS 7,0
4      FM Nouri, Alekhine PHI 7,0
5 Mustafa Albakri, Suhaimi MAS 7,0
6 Roullo, Rolzon PHI 7,0
7 Putu Luhur Apngal Kusuma INA 7,0
8 Subaste, Arman *** PHI 7,0
9 Redor, Menandro *** PHI 7,0
10 Arief, Rahman INA 7,0
Link chess-results.com kategori Challenger Kuala Lumpur Chess 2016

Event Malaysia Chess Festival 2016 yang utama adalah kategori Open bertajuk 13th IGB Dato Arthur Tan International Open Chess Championship 2016. Banyak pecatur bergelar GM dan IM tampil di ajang tahunan bergengsi ini. GM Humpy Koneru dan GM Vitaly Bernadskiy memuncaki seed pemain. Memasuki babak 9, pecatur India GM Swapnil Dhopade tampil di board 1 dengan nilai 7.0, dia dibayangi ketat pecatur Vietnam Le Tuan Minh. GM Swapnil Dhopade akhirnya berhasil menjadi pemenang di kategori Open chess.

Final Standings, 13th IGB Dato Arthur Tan International Open Chess Championship 2016


1   GM Swapnil, S. Dhopade IND 7,5
2   IM Le, Tuan Minh VIE 7,0
3   IM Narayanan, Srinath IND 6,5
4   IM Dimakiling, Oliver PHI 6,5
5   IM Aryan Chopra IND 6,5
6   IM Fang, Yuxiang CHN 6,5
7   IM Garcia, Jan Emmanuel PHI 6,5
8   FM Abdusattorov, Nodirbek UZB 6,5
9   GM Bernadskiy, Vitaliy UKR 6,5
10   GM Antonio, Rogelio Jr PHI 6,5
Link chess-results.com kategori Open Kuala Lumpur Chess 2016

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...