Thursday, April 21, 2016

USA Championship 2016 - Wesley So Wins, Halfway co-Lead

It's busy week for chess, Norway's Altibox Chess, Women 2016 GP in Batumi, Chinese Championship 2016, but the most exciting is still the 2016 US Championship. After round 7, Wesley So catch up Fabiano Caruana to co-lead the field. Wesley So wins after devastating blunder by GM Alexander Shabalov.

Alexander "Bald" Shabalov in misery after missing ...Ne8, a knight jump that do triple things! a queen skewer, attacking the rook and defending g7.

Hikaru Nakamura wins a long theorical battle in Petrov Defence against Varuzhan Akonian.

Varuzhan Akobian bad form in US Champ 2016 continued, his Petrov Defence was not very solid in case he was looking for "drawish" defence against Nakamura


US Championship 2016 standings after round 7
1 Caruana, Fabiano 5.5
So, Wesley 5.5
3 Robson, Ray 5
4 Nakamura, Hikaru 4.5
5 Xiong, Jeffery 4
Onischuk, Alexander 4
7 Shabalov, Alexander 3
8 Kamsky, Gata 2.5
Lenderman, Aleksandr 2.5
Shankland, Samuel L 2.5
11 Akobian, Varuzhan 1.5

Chandra, Akshat 1.5

Wesley So Kalahkan Alexander Shabalov, Pimpin Klasemen US Championship 2016

Pecatur kelahiran Filipina yang sekarang menetap di USA, Wesley So, ikutan main di turnamen US Championship. Tahun lalu Wesley So menderita beberapa kekalahan di turnamen ini yang cukup dramatis, namun tahun ini tampaknya Wesley So tampil solid dan energetic. Hingga round 7, Wesley So bermain konsisten memenangkan beberapa partai penting melawan "lower rated" dan pada waktu ketemu pecatur kuat, Wesley bisa draw. Di babak ke-7, Wesley So menang akibat blunder parah dari lawannya, pecatur "veteran" Alexander Shabalov.

Sementara itu kedua pecatur elit lainnya di US Championship 2016, Hikaru Nakamura menang dan Fabiano Caruana remis. Hikaru Nakamura menang melawan Varuzhan Akobian di partai pembelaan Petroff. Akobian sedang mengalami bad form dan ada di buntut klasemen akibat kekalahannya ini. Fabiano Caruana remis melawan pecatur termuda Jeffery Xiong. Pecatur muda berdarah Chinese ini sudah beberapa kali "selamat" dari posisi susah dan membuktikan dia adalah satu lagi produk catur USA yang siap diterjunkan ke belantika catur "beneran".

Turnamen hari ini dibuka dengan pengumuman dari panitia mengenai rocker dan guitarist Prince yang wafat hari itu. 

Beberapa pecatur lainnya, Ray Robson kalahkan Akhsat Chandra dan Gata Kamsky draw versus Alexander Lenderman. Alexander Onischuk lagi tanding melawan Samuel Shankland hingga tulisan ini dinaikkan.


Suguhan siaran langsung dari US Championship 2016 oleh GM Yasser Seirawan dan Jeniffer Shahade. Bagus sekali olahan audio visualnya, tampak di gambar pecatur wanita berambut ungu Tatev Abrahamyan sedang bertanding.


US Championship 2016 digelar di kota Saint Louis, Amerika Serikat, diikuti 12 pecatur kuat Amerika dan 12 pecatur wanita lainnya. Kota yang sarat kehidupan catur ini sudah bertahun-tahun menguasai sepak terjan percaturan Amerika Serikat. Pecatur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar sendiri sekarang sedang kuliah dan belajar catur di kota Saint Louis ini. US Championship bisa disaksikan tengah malam sekitar jam 1 pagi WIB.

Mari kita lihat partai catur Alexander Shabalov vs Wesley So 0-1, St Louis 2016



Partai catur Hikaru Nakamura vs Varuzhan Akobian 1-0, St Louis 2016




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...