Friday, April 29, 2016

Garry Kasparov Buktikan Masih Hebat Bercatur - Nakamura Menangkan Ultimate Blitz 2016

The Ultimate Blitz 2016 is right about it title, the two days blitz chess exhibition between Garry Kasparov and USA trio young guns was indeed ultimate chess show. In the end of 18 games between the four of them, Hikaru Nakamura has the last laugh. Hikaru won Ultimate Blitz by full point 11/18. The field is quite balance with all players defeating each other. Only USA Champion Fabiano Caruana that seems "Out of league" and ended up miserably 5.5/18. Kasparov prove that he will still a strong (blitz) player by today standard.

2016 USA champion Fabiano Caruana is the surprisingly weakest blitz player in Ultimate Blitz 2016

Hikaru Nakamura set more stone to his reputation as blitz specialist

Wesley So suddenly is a fearsome player to Garry Kasparov, scoring 2.0-4.0 against the Legend

that's all, folks! Nakamura wins Ultimate Blitz

Di hari kedua eksibisi catur Ultimate Blitz 2016 di kota Saint Louis yang menghadirkan Garry Kasparov, Hikaru Nakamura akhirnya keluar sebagai pemenang event asyik ini. Baca kembali partai lengkap Garry Kasparov di hari 1, Di hari kedua ini, Garry Kasparov tetap bermain sama kuat dan mengalahkan Hikaru Nakamura dan Fabiano Caruana. Satu-satunya pemain yang tak berhasil dikalahkan di hari ini adalah Wesley So, yang ternyata dapat strategi bagus untuk meladeni si mantan juara. Mari penulis ajak para pembaca budiman menyimak semua partai catur lengkap Garry Kasparov yang sebenarnya pensiun dari catur sejak tahun 2005 ini. Komentar-komentar ringan saja....


Round 10 Caruana vs Nakamura
½-½
C65 Ruy Lopez, Berlin Defense
Round 10 Wesley So vs Kasparov
1-0
A41 Queen's Pawn Game (with ...d6)

Di round 10 ini Wesley So berhasil gebuk Garry Kasparov dengan sukses. Dari seluruh partai catur Garry Kasparov, mungkin hanya partai ini yang cacat untuk standard kaliber Kasparov. Sejak pembukaan Garry Kasparov kebingungan mau main apa dan dengan sukses dikepung Wesley So. Di interviewnya Kasparov bilang, "ini seperti partai catur Paul Morphy melawan amatiran...haha, saya yang amatiran itu"..



Round 11 Kasparov vs Nakamura
½-½
C45 Scotch Game
Round 11 Wesley So vs Caruana
1-0
C65 Ruy Lopez, Berlin Defense

Garry Kasparov mengulang pembukaan Scotch andalannya di event ini, Kasparov menekan namun tidak terlalu banyak yang bisa dilakukan setelah masuk ending.



Round 12 Caruana vs Kasparov
0-1
B90 Sicilian, Najdorf
Round 12 Nakamura vs Wesley So
1-0
D70 Neo-Grunfeld Defense

Salah satu pembelaan andalan Kasparov yaitu Sicilian Najdorf juga kebagian tayang. Caruana menggunakan serangan Adams Attack yang lagi populer, tapi di fase saling serang raja putih di rokade panjang dan raja hitam di rokade pendek, serangan hitam yang lebih duluan mendarat.



Round 13 Kasparov vs Wesley So
½-½
A13 English
Round 13 Nakamura vs Caruana
1-0
D31 Queen's Gambit Declined
Garry Kasparov tampak makin kurang pede ketemu dengan Wesley So dan tidak memainkan 1.e4. Partai berlangsung sedikit tertutup dan posisional, memaksa Kasparov harus melangkah dengan akurat. Wesley So gampang menahan Kasparov di sini.



Round 14 Caruana vs Wesley So
½-½
C50 Giuoco Piano
Round 14 Nakamura vs Kasparov
½-½
A50 Queen's Pawn Game
Sedikit menarik nafas, keempat pemain mencapai hasil remis. Namun di partai Nakamura vs Kasparov ini sempat berlangsung panas dengan Nakamura sedikit unggul, sebelum akhirnya diremiskan Kasparov.



Round 15 Kasparov vs Caruana
0-1
C45 Scotch Game
Round 15 Wesley So vs Nakamura
0-1
D37 Queen's Gambit Declined

Ternyata Garry Kasparov bisa juga terkena tangkisan Scotch game , kali ini dari Fabiano Caruana. Caruana bisa juga kasih serangan-serangan tajam ala Kasparov yang berhasil menumbangkan raja si Kasparov!



Round 16 Caruana vs Nakamura
0-1
A07 King's Indian Attack
Round 16 Wesley So vs Kasparov
½-½
A41 Neo-Old Indian : Rossolimo
Para penggemar Wesley So makin "liar" memberi semangat pada Wesley So di media sosial dan live chat, karena tampaknya Wesley So memang ketemu pembukaan yang kayaknya "asing" buat Kasparov. Hasil remis berhasil dicapai dengan sedikit keringatan oleh Kasparov.


Round 17 Kasparov vs Nakamura
1-0
C45 Scotch Game
Round 17 Wesley So vs Caruana
1-0
D37 Queen's Gambit Declined
Garry Kasparov memetik point full dari Nakamura di round 17, partai yang ada sedikit "endusan" kalau si Nakamura diam-diam mau ngasih point full ke Kasparov agar dia bisa ngejar Wesley So. Nakamura sendiri sudah aman 2 point di atas Wesley So yang di urutan 2. Tapi ini hanya teori konspirasi ala patzer belaka.....



Round 18 Caruana vs Kasparov
0-1
A05 Reti Opening
Round 18 Nakamura vs Wesley So
½-½
D11 Queen's Gambit Declined Slav
Garry Kasparov mengakhiri Ultimate Blitz dengan menang indah melawan Caruana di pihak buah hitam. Ini partai yang memberi contoh permainan agresif khas Kasparov, Fabiano Caruana yang adalah pecatur urutan ke-2 dunia bisa-bisanya dikepung perwira musuh dengan mudah. Hasil yang sangat membuktikan kemahiran Garry Kasparov di ilmu catur masih di level papan elit dunia.



Tonton lengkap video Ultimate Blitz di sini:





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...