Thursday, April 28, 2016

Garry Kasparov vs Hikaru Nakamura, Caruana and Wesly So - Ultimate Blitz 2016

The Ultimate Blitz between Garry Kasparov and the trio : Fabiano Caruana, Wesley So and Hikaru Nakamura prove to be decisively massive success. The chess community got to witness that Garry still catch up with the youngster. He can easily score 6.5/9 if not because of his two unlucky knight blunders against Wesley So. Wesley on the other hand must be the luckiest guy to ever got two free knights from the ex champion. Wesley So top the first day with 5/9 together with Hikaru Nakamura. The four chess players defeated each other to make the round robin a very balance field. Garry Kasparov give us great entertainment by playing all his favorite openings and defences. The Scotch Opening was tested to all three young men with Wesley So and Hikaru Nakamura unable to give back the fight. Gruenfeld and King's Indian Defence also being played by Garry Kasparov to make the chess opening fans thrilled. In a slight incident, Garry Kasparov done something controversial with doing touch move in the   game vs Nakamura, but Nakamura was fine with that situation and the game gone draw. Counting that "blunder", Kasparov had blunder three knights in that day! Something that inactive player usually suffered because the lack of on board exercise.


Fabiano Caruana vs Wesley So, Ultimate Blitz, Wesley So is luckiest guy to get two free knights from the legend Garry Kasparov

Hikaru Nakamura vs Garry Kasparov, two King's Indian Defence expert on the battle, it's a draw!




Akhirnya chess legend , si legenda catur Garry Kasparov turun laga kembali. Garry Kasparov berjanji akan bermain blitz dengan tiga urutan teratas hasil tournament US Championship 2016. Ketiga trio USA tersebut adalah Fabiano Caruana , Wesley So dan Hikaru Nakamura. Dengan dipertemukannya Garry Kasparov melawan ketiga pecatur tersebut, ini adalah pertama kalinya Kasparov berhadapan dengan top ten catur dunia, walaupun hanya dalam catur blitz.

Ajang Ultimate Blitz di kota Saint Louis ini akan digelar 2 hari, masing-masing memainkan 3 round robin, menghasilkan delapan belas partai catur super apik per harinya. Di hari pertama yang barusan berlangsung subuh tadi waktu Indonesia, terbukti keabsenan Garry Kasparov selama sepuluh tahun ternyata tidak terlalu bermasalah. Dari sembilan partai catur blitz tersebut, Garry Kasparov mampu mencapai nilai 4.5/9. Dua dari partainya melawan Wesley So sebenarnya Kasparov sudah sangat unggul, namun karena kurang main blitz barangkali, dua kali Kasparov kasih blunder kuda pada Wesley. Dunia catur menyaksikan sang legend bermain pembukaan dan pembelaan favoritnya, Scotch Defence dimainkan tiga kali melawan semua peserta, Gruenfeld dan King's Indian Defence, juga turun laga, langsung dari biangnya Garry Kasparov. Mari kita simak sembilan partai catur Garry Kasparov yang berlangsung hari ini.

Round 1. Kasparov vs W So
1-0
C45 Scotch Game
Round 1. Nakamura vs Caruana
1-0
A18 English, Mikenas-Carls
Kasparov langsung pukul Wesley So melalui pembukaan favoritnya Scotch Game :



Round 2. Caruana vs W So
1-0
A07 King's Indian Attack
Round 2. Nakamura vs Kasparov
½-½
E98 King's Indian, Orthodox, Taimanov, 9.Ne1
Nakamura diperhadapkan dengan pembelaan favorite Kasparov, keduanya memainkan langkah yang sudah dikenal dan remis. Di partai catur Nakamura vs Kasparov ini, Kasparov kedapatan melakukan hal kontroversial : menarik kembali langkahnya. Di langkah 26, Kasparov melangkah kuda ke b4, lalu karena itu adalah blunder dia tarik menjadi kuda ke f4. Di USA, jika partainya blitz, ada aturan "clock-move" , artinya langkah baru syah kalau sudah menekan jam. Tapi menurut sumber lain, aturan ini sudah tidak berlaku di US sejak dua tahun lalu. Hikaru Nakamura dalam interview bilang "Itu adalah Garry, saya kira kami berdua tidak terlalu serius dalam even ini, lagian saya tidak mau menang partai ini dengan langkah blunder." Hikaru Nakamura cukup kaget melihat manuver Kasparov tapi tetap kalem kalem saja dan tidak protes.



Round 3. Kasparov vs Caruana
½-½
C45 Scotch Game
Round 3. W So vs Nakamura
1-0
E53 Nimzo-Indian, 4.e3
Dengan game Scotch, Kasparov menekan Caruana namun si juara USA 2016 ini bisa mempertahankan dirinya.



Round 4. Caruana vs Nakamura
1-0
C50 Giuoco Piano
Round 4. W So vs Kasparov
1-0
D85 Grunfeld
Garry Kasparov cukup berhasil menekan Wesley So dengan buah hitam di pembelaan Grunfeld, namun di akhir partai, Kasparov blunder kuda.




Round 5. Kasparov vs Nakamura
1-0
C45 Scotch Game
Round 5. W So vs Caruana
½-½
A05 Reti Opening
Nakamura kedapatan pelajaran Scotch Opening dari Kasparov dan harus menyerah di langkah 49.



Round 6. Caruana vs Kasparov
½-½
B31 Sicilian, Rossolimo Variation
Round 6. Nakamura vs W So
1-0
A45 Queen's Pawn Game
Serangan Rossolimo juga merupakan bagian dari repertoire Kasparov, jadi sebagai hitam Kasparov cukup familiar dengan variation ini. Walaupun partai Fabiano Caruana vs Garry Kasparov ini remis, tapi Kasparov betul-betul menekan dan evaluasinya hitam menang.



Round 7. Kasparov vs W So
0-1
B40 Sicilian
Round 7. Nakamura vs Caruana
1-0
A10 English
Lagi-lagi Kasparov blunder kuda di posisi yang sudah unggul buatnya melawan Wesley So. Di wawancara Wesley So bahkan bercanda, ..."besok saya akan lihat gajahnya."

Round 8. Caruana vs W So
0-1
A07 King's Indian Attack
Round 8. Nakamura vs Kasparov
1-0
E60 King's Indian Defense
Partai catur paling seru hari ini antara Hikaru Nakamura vs Garry Kasparov, dengan partai sangat tajam ini Hikaru Nakamura boleh berbangga berhasil mengalahkan Garry Kasparov.



Round 9. Kasparov vs Caruana
1-0
C28 Vienna Game
Round 9. W So vs Nakamura
½-½
D37 Queen's Gambit Declined
Kasparov mengakhiri hari ini dengan kemenangan melawan Fabiano Caruana.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...