Wednesday, April 27, 2016

Magnus Carlsen Kalahkan Kramnik - Aronian Juga Menang - Norway Chess 2016 Round 7

Menjelang gelar duel catur seru di Saint Louis antara Garry Kasparov melawan trio USA : Fabiano Caruana, Hikaru Nakamura dan Wesley So, mari sejenak kita pantau turnamen yang sebenarnya super kuat di Norwegia yaitu Altibox Norway Chess 2016. Semenjak naiknya Magnus Carlsen ke tampuk tahta juara catur dunia, negara Norwegia berkemas untuk menjadi salah satu negara kuat di cabang catur. Turnamen Altibox Chess ini adalah inkarnasi dari program catur Norwegia. Sudah sekitar 4 tahun turnamen ini digelar di kota Stavanger. Tahun lalu turnamen ini menjadi bagian dari turnamen super elitnya Garry Kasparov di Grand Chess Tour, namun panitia dari Norwegia menyatakan tahun ini mereka tidak lagi tertarik menjadi bagian GCT.

Tournamen yang kemudian disponsori dan dikasih judul Altibox Norway Chess ini menghadirkan sepuluh pecatur elit dunia. Mulai dari tuan rumah juara dunia Magnus Carlsen, Vladimir Kramnik, Levon Aronian, Veselin Topalov, hingga campur dengan pecatur-pecatur muda misalnya Anish Giri, Li Chao, dan Nils Grandelius dari Swedia. Pecatur "papan tengah" kayak Pavel Eljanov dan Pentala Harikhrisna juga diundang. Di awalnya justru penantang baru Sergey Karjakin yang diundang, namun Karjakin sedikit bandel dan last minute menyatakan tidak bisa tampil dengan alasan mau fokus persiapan melawan Magnus Carlsen. Li Chao kemudian menggantikan Karjakin.

Magnus Carlsen in Altibox Norway Chess 2016, almost dominated the field since early rounds

Hingga round 7, nampak Magnus Carlsen tidak terlalu kesulitan untuk memuncaki klasemen sementara dari sembilan pecatur saingannya. Di round 7 ini Magnus Carlsen mengalahkan Vladimir Kramnik di partai catur yang cukup taktikal dan seru. Kramnik tampak sempoyongan di partai ini dan tidak berkutik mulai dari middle game, sesuatu yang tidak sering kita lihat dari ilmu nya si Kramnik.

Partai Catur Magnus Carlsen vs Vladimir Kramnik 1-0, Stavanger Norway 2016



Levon Aronian, pecatur Armenia

Di papan lainnya yang juga menghasilkan hasil decisive adalah papan Levon Aronian melawan Pavel Eljanov. Di partai ini Levon Aronian bermain solid dan menekan Eljanov sampai habis. Aronian memenangkan partai pertamanya di Norway dan menunjukkan bahwa kalau dia lagi konsisten maka bisa memainkan partai catur yang kreatif dan hebat.

Partai Catur Levon Aronian vs Pavel Ejlanov 1-0, Stavanger Norway 2016


Papan lainnya berakhir dengan remis, klasemen sementara :

Altibox Norway Chess 2016, standings after round 7

1 Carlsen, Magnus 5
2 Vachier-Lagrave, Maxime 4
Aronian, Levon 4
Topalov, Veselin 4
Harikrishna, P.        4
6 Kramnik, Vladimir 3.5
7 Giri, Anish 3
Li, Chao b 3
Eljanov, Pavel 3
10 Grandelius, Nils 1.5


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...