Friday, September 18, 2015

Bidak Beracun Wei Yi - Piala Dunia Catur Baku 2015 Round 3

Gempita Piala Dunia Catur di kota Baku tahun 2015 ini menginjak ke ronde 3. Setelah melalui dua partai catur klasik, ke-32 pecatur yang tersisa akan makin mengkerucut menjadi 16 pemain saja untuk siap adu catur lagi di ronde 4.  Kemarin malam September 19, 2015 sudah dilangsungkan partai catur klassik ke-2 untuk ronde 3, walaupun masih menyisakan beberapa partai remis, namun beberapa pecatur sudah lolos ke babak 4. Berikut hasil semalam :

1.  Topalov, Veselin  vs Lu, Shanglei 1-1
2. Nepomniachtchi, Ian vs   Nakamura, Hikaru 1-1
3.  Caruana, Fabiano  vs Kovalyov, Anton 1.5-0.5
4.  Leko, Peter vs   Giri, Anish 0.5-1.5
5.  So, Wesley  vs  Le, Quang Liem 1-1
6.  Andreikin, Dmitry vs  Kramnik, Vladimir1-1
7.  Grischuk, Alexander vs  Eljanov, Pavel 0-2
8.  Guseinov, Gadir vs   Ding, Liren 0.5-1.5
9.  Areshchenko, Alexander vs  Wei, Yi   0.5-1.5
10.  Ivanchuk, Vassily vs  Jakovenko, Dmitry   0.5-1.5
11.  Karjakin, Sergey vs  Yu, Yangyi 1.5-0.5
12.  Vachier-Lagrave, Maxime vs  Tomashevsky, Evgeny   1-1
13.  Granda Zuniga, Julio E  vs Wojtaszek, Radoslaw   0.5-1.5
14.  Mamedyarov, Shakhriyar  vs Sethuraman, S.P. 1.5-0.5
15.  Adams, Michael vs   Dominguez Perez, Leinier 1-1
16.  Radjabov, Teimour  vs Svidler, Peter 1-1

Piala Dunia Catur / Chess World Cup Baku 2015 ini seperti kita ketahui menggunakan format sistem Knock Out / Sistem Gugur.  Dua unggulan atas Fabiano Caruana dan Anish Giri lolos ke round 4 dengan mudah. Disusul Ding Liren dan Wei Yi. Kedua pecatur China ini akan bertemu dan duel di babak ke-empat. Juga ada pecatur Ukraina Pavel Eljanov yang tampil sempurna dengan angka 6-0 atas tiga lawan-lawannya. Sensasi Pavel Eljanov terakhir adalah menyingkirkan Alexander Grischuk 2-0. Bisakah Eljanov menembus 7-0 , rekor The Magnificent Seven nya Fabiano Caruana yang dicetak di turnamen Sinquefield tahun 2014 lalu? Selain itu pecatur tuan rumaah Shakhriyar Mamedyarov , dua pecatur Rusia Jakovenko, Karjakin dan satu pecatur Polandia turut memastikan pairing di ronde 4.

Di papan lainnya, sebanyak tujuh pairing harus menempuh babak tie break tambahan nanti malam. Mereka termasuk Vladimir Kramnik yang dipersulit lawan senegara mudanya Dmitry Andreikin. Lalu Veselin Topalov yang juga disusahkan lawan dari China, Lu Shanglei. Si koko Lu ini dikenal sebagai pemain blitz yang handal, jadi partainya dengan Topalov nanti malam akan seru.

Hikaru Nakamura vs Ian Nepo... juga seru karna dua-duanya pemain blitz kelas papan atas. Partai ex Filipin Wesley So dan pemain Vietnam Le Quang Liem juga ikutan nge-blitz nanti malam. Keduanya adalah murid ibu Susan Polgar , tapi Wesley So sekarang sudah keluar dari bimbingan sang ibu. Hal ini menambah sengitnya duel kedua pecatur kelahiran ASEAN ini.

Lainnya adalah Michael "Spider" Adams melawan DPL (Dominguez Peres Leinier, bukan Dewi Persik Lau...) juga seru. Teimour Radjabov dan Peter Svidler paling akhir.

Wei Yi vs A. Areschenko 1-0, Baku 2015 

Di babak tiga, partai yang cukup fantastis adalah kemenangan Wei Yi atas pecatur Ukraina Alexander Areschenko. Si jagoan kungfu boy Wei Yi yang terkenal dengan partai abadinya melawan Lazaro Bruzon beberapa bulan lalu kembali ditantang dengan pembelaan Sisilia oleh Areschenko. Tampaknya Wei Yi adalah spesialis permainan tajam penuh komplikasi di mana Areschenko malah memilih variasi Bidak Beracun, atau Poisoned Pawn melawan Wei Yi. Setelah Wei Yi melepas jurus simpanan langkah 16. Rbd1 / benteng b ke d1, Areschenko gagal mencari langkah pembelaan yang lebih dingin , tapi memilih adu panas dengan memakan umpan kuda Wei Yi. Mari saksikan partai catur Wei Yi vs Alexander Areschenko dengan komentar-komentar singkat dan ringan berikut :




Nanti malam sekitar jam 17:00 WIB akan dimulai babak play off ronde 3, dua partai catur cepat disusul dua partai catur kilat 10 menit, 5 menit dan terakhir Armageddon.

Sementara itu diagram pairing hingga babak ke-3 adalah :
Lihat PAIRING RONDE 4, CHESS WORLD CUP 2015 BAKU


Chess World Cup Baku 2015 - Pairing Tree up to round 4





Kunjungi Official Website untuk melihat tayangan langsung dan LIVE video.

2 comments:

  1. Permisi bos.kalau boleh tau partai anotasinya buat sendiri ya?saya lihat di chess.com sama chessbase awalnya ga ada penjelasan teori pembukaannya .

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...