Wednesday, November 30, 2016

Magnus Carlsen Taklukkan Sergey Karjakin - World Chess Championship 2016

Di hari ultahnya, Magnus Carlsen berhasil mempertahankan gelar juara dunia catur dengan menaklukkan sang penantang Sergey Karjakin. Ajang duel dwitarung gelar juara dunia 2016 di kota New York mempertemukan juara bertahan pecatur Magnus Carlsen melawan penantang Serge Karjakin. Magnus Carlsen yang genap berusia 26 tahun hari ini adalah pecatur peringkat pertama FIDE dari Norwegia. Dia merebut juara dunia catur dari tangan si macan Madras Vishwanathan Anand di tahun 2013. Setahun kemudian Carlsen mempertahankan tahtanya dengan sekali lagi mengalahkan Anand di tahun 2014.

Selang dua tahun kemudian, Sergey Karjakin berhasil menyalib beberapa pecatur top ten dengan meraih tiket menjadi penantang Magnus Carlsen melalui turnamen kandidat di awal tahun 2016. Sergey Karjakin adalah pecatur kelahiran Ukrainia yang sekarang menjadi warga negara Russia. Karjakin adalah salah satu pecatur termuda yang berhasil menyabet gelar grandmaster beberapa tahun silam. Dengan tampilnya Sergey Karjakin, usia 26, untuk dihadapkan dengan Magnus Carlsen, dunia catur bersorak membayangkan duel sengit antara kedua pecatur yang masih muda belia ini. 

Kontrak untuk duel sebanyak 12 round sesuai peraturan perebutan juara dunia catur pun berhasil dikukuhkan dengan kota New York sebagai kota penyelenggaraan. Kedua pecatur bertanding keras dalam duel ini yang dimulai tanggal 10 November silam. Dengan style permainan Karjakin yang keras bertahan, ternyata dwitarung ini berjalan super solid dengan dihasilkannya 10 partai remis. 

Duel Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin di partai catur kilat sebagai tie break. Peter Thiel, pendiri PayPal menjalankan langkah pertama. Peter Thiel adalah pecatur junior di masa sekolahnya dan pernah sampai urutan ke-7 di USA. Sekarang Peter Thiel adalah salah satu konglomerat terkuat di USA.

Chess fans seantero dunia rada kaget ketika Karjakin berkali-kali lolos dari kepungan buah Carlsen. Bahkan di round 8, Karjakin sukses menggebuk Carlsen yang rada frustrasi dengan kelihaiannya berkelit. Score -1 untuk juara dunia menjadi sensasi. Baru di round 10, Magnus Carlsen berhasil mengejar balik ketertinggalannya. Keduannya menyudahi 12 rounds catur klasik dengan angka imbang 6-6.


Dengan demikian, hari ini dilangsungkan partai tie break, yang dimulai dengan empat round partai catur cepat / rapid. Di dua partai pertama catur cepat, mereka juga masih imbang 1-1. Di partai ke-dua sebenarnya Magnus Carlsen berhasil mencapai bangunan bagus yang potensial menang. Namun lagi-lagi si Karjakin bisa sukses bertahan, bahkan hingga delapan puluhan langkah dengan waktu sangat sedikit malah. 

Duel catur kilat Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2- 1/2, Round 13 New York 2016


Duel catur kilat Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2- 1/2, Round 14 New York 2016


Duel catur kilat Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2- 1/2, Round 15 New York 2016

Sergey Karjakin baru benar-benar melakukan blunder di partai ke-tiga catur cepat. Magnus Carlsenpun unggul point untuk pertama kalinya dalam duel ini. Di partai hidup mati round 4, Sergey Karjakin mau tak mau harus menggunakan buah hitam dan pembelaan Sisilia agar bisa punya peluang mengalahkan Magnus Carlsen. Tapi perjuangan Karjakin cukup sudah karena Magnus Carlsen dengan tanpa kesulitan menangkis serangan ini. Di ujung round ke-empat Karjakin terus menggempur walaupun rajanya sudah masuk perangkap skak mat. Magnus Carlsen kemudian menyudahi duel dwitarung ini dengan langkah kombinasi korban Menteri yang cukup indah. Di posisi akhir, hitam siap skak mat tapi putih lebih duluan menciptakan skak mat dengan korban menteri. Akhir yang indah buat Magnus Carlsen.

Duel catur kilat Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1/2- 1/2, Round 16 New York 2016







Magnus Carlsen retained his title as World Chess Champion after defeating Sergey Karjakin in New York 2016. The match had been very closed with Magnus Carlsen must fought up to tie break rounds , 16 chess games to defeat his challenger.




pecatur Sergey Karjakin menuai panen simpati dari insan catur dikarenakan stylenya yang sederhana dan down to earth. Permainan caturnya pun solid. Karjakin akan bangga dengan dwitarung ini karena sudah mampu mengalahkan Magnus Carlsen di round 8 walaupun akhirnya takluk juga di round 10 dan di tie break.

Magnus Carlsen adalah penggemar berat basketball. Dengan kaos kaki NBA, Carlsen melakoni round rapid chess hari ini.


Final Score - Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin match :

Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
6
tie break = 3
6
tie break = 1


1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...