Monday, March 28, 2016

Menantikan Duel Sergey Karjakin vs Magnus Carlsen - 2016 Candidates Tournament

Sebanyak 14 rounds telah dilangsungkan di tournament kandidat penantang catur 2106 di kota Moscow. Turnamen yang diikuti delapan pecatur terkuat dunia saat ini berakhir dramatis dengan kemenangan Sergey Karjakin dari Rusia mengalahkan Fabiano Caruana di round 14, sekaligus menyabet tiket untuk menjadi penantang juara bertahan Magnus Carlsen nantinya.

Di ronde 14 ini, terjadi partai hidup mati antara Sergey Karjakin vs Fabiano Caruana. Keduanya memiliki nilai sama, namun Karjakin diunggulkan karena kalau sampai remis, Karjakin yang akan menang hasil tie-break keduanya. Namun hal menarik terjadi di mana Vishy Anand yang cuma tertinggal setengah angka bisa merusak chance/kans Karjakin. Jika sampai Anand menang (melawan Peter Svidler) DAN Karjakin remis dgn Caruana, maka Fabiano Caruana justru yang menang tie break.

Sergey Karjakin win vs Fabiano Caruana. Karjakin to challenge Magnus Carlsen in world chess duel. Karjakin had been quite out of chess elite recently, but his result in chess World Cup 2015 and this candidate tournament is a wake up call. Karjakin is the first Russian to play world chess match after Vladimir Kramnik more than ten years ago. photo official website

Anand watching Sergey Karjakin vs Fabiano Caruana

Di partai duel Karjakin vs Caruana ini, Caruana langsung agresif dengan memilih pembelaan Sisilia. Permainan berlangsung tajam memasuki line Ritcher-Rauzer yang dimainkan Karjakin. Bangunan menjadi tidak simetris dan sangat mendukung Caruana untuk bisa membuat permainan menjadi tak tentu dan jauh dari remis. Namun di moment krisis waktu, Caruana membuat kesalahan fatal yang langsung membuatnya kalah. Dengan rencana pangelaran duel juara dunia catur di kota New York beberapa bulan lagi, tentu pendukung catur Amerika Serikat berharap Caruana bisa tampil sebagai penantang Magnus Carlsen. Sebaliknya, Sergey Karjakin lah yang memenangkan turnamen ini dengan cukup baik. Pecatur Rusia ini agak tersingkir dari lingkaran elit pecatur dunia, di luar top ten, namun prestasinya tahun lalu memenangkan chess World Cup 2015 bisa jadi bukti potensi pecatur yang masih muda ini. Ini merupakan pecatur Rusia pertama yang maju ke duel juara dunia semenjak Vladimir Kramnik dikalahkan Vishy Anand hampir lebih dari sepuluh tahun lalu.

Ucapan selamat dari Magnus Carlsen kepada Sergey Karjakin di Twitter

Partai Catur Sergey Karjakin vs Fabiano Caruana 1-0, Moscow 2016 round 14:



Peter Svidler had a tough job to create trouble for Vishy Anand in round 14, so that his country man Sergey Karjakin can have the best chance winning 2016 chess candidate. Peter quite success in this and draw Vishy Anand comfortable in the last English-Four Knights variations games in the tournament. -  photo official website

Partai lain berakhir remis dan tidak lagi menentukan. Peter Svidler juga dibebani tugas menghadang Anand agar rekan senegaranya Karjakin semakin mulus bisa memenangkan turnamen ini. Peter Svidler melakukan tugasnya dengan baik. Di partai pembukaan English Four Knights yang sangat populer dimainkan di turnamen ini, Svidler tidak kesulitan membuat remis dengan buah putih.

Partai Peter Svidler vs Vishwanathan Anand 1/2-1/2, Moscow 2016:





Anish Giri on his 14th streak of draw games record , some one mentioned this is his 20th consecutive classical game draw. Anish Giri last win was against Loek van Wely in Wijk aan Zee. Veselin Topalov not win a single games here and one of worst result he ever had recently.  photo official website

Anish Giri mencetak rekor 14 draw di ajang ini. Rekor yang membuatnya menjadi pecatur termuda dan tersolid, tapi di medsos nampaknya Anish menjadi bulan-bulanan sindiran penggemar catur. Topalov tidak banyak ber"eksperimen" kali ini. Turnamen kandidat 2016 ini menjadi turnamen yang sangat buruk buat Topalov, dia ada di posisi buncit.

Nigel Short nyindir-nyindir Anish Giri di Twitter
Partai Anish Giri vs Veselin Topalov 1/2-1/2, Moscow 2016 :





Hikaru Nakamura must wait for the next candidate to challenge "Sauron", he and Levon Aronian had too unstable to win the tournament - photo official website

Sementara itu, Nakamura juga tidak terlalu ambisius melakukan revenge/revans atas kekalahan dramatisnya melawan Levon Aronian. Keduanya bermain cukup damai dan remis segera. Hikaru Nakamura yang cukup ambisius pengen melawan Magnus Carlsen musti puas ada di papan tengah bersama empat pecatur lainnya. Sementara itu pecatur Armenia yang populer dan juga dijagokan Levon Aronian, juga harus menunggu kesempatan lain waktu lagi karena penampilannya yang tidak stabil.

Partai Hikaru Nakamura vs Levon Aronian 1/2-1/2, Moscow 2016 :





2016 Chess Candidate Tournament Moscow, final standings after round 14:

Karjakin,Sergey  8.5/14
Caruana, Fabiano  7.5/14
Anand,Viswanathan  7.5/14
Giri,Anish  7/14
Svidler,Peter  7/14
Aronian, Levon 7/14
Nakamura,Hikaru  7/14
Topalov,Veselin  4/14

LINK FOR OFFICIAL LIVE BROADCAST :
http://worldchess.com/broadcasts/europe/2016/03/10/fide-candidates-tournament/round-10/
(just replace the "round-10" with round-x ....) 

LINK FOR LIVESTREAM 2016 CANDIDATE TOURNAMENT
http://livestream.com/accounts/7928738/events/4950193/
(this happened to be blocked in some country...just try it)

LIHAT ROUND 1
LIHAT ROUND 3
Lihat Round 6
Lihat Round 7
Lihat Round 10
Lihat Round 12


topik hangat : A Hok hapus aturan 3-in-1 di Jakarta

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...