Wednesday, September 27, 2017

Levon Aronian Menang / Wins FIDE Chess World Cup 2017

Pecatur asal Armenia Levon Aronian akhirnya menundukkan Ding Liren asal China di lanjutan final round FIDE Chess World Cup 2017. Setelah keduanya bertanding dengan hasil remis sebanyak empat rounds, kedua pecatur memasuki babak play off. Dengan waktu control 25 menit, kedua pecatur bertanding dua babak catur cepat / rapid. Levon Aronian mengalahkan Ding Liren di kedua game play off ini. Dengan hasil tersebut Levon Aronian sukses merebut ulang Piala Dunia Catur / Chess World Cup 2017 yang sedang berlangsung di kota Tblisi negara Georgia.

Di game pertama, Levon Aronian menggunakan pembukaan English dan langsung menggapai posisi serang di middle game. Ding Liren walaupun tampak masih mampu menahan serangan ini membuat langkah blunder yang akhirnya dieksploitasi Levon Aronian dengan baik. Berikut komentar singkat :

Partai Catur Levon Aronian vs Ding Liren 1-0, Tblisi 2017 Final World Cup



Hasil ini membuat Ding Liren memasuki game ke-2 dengan status harus menang. Set kedua ini pun berlangsung sengit. Ding Liren berhasil pula menciptakan bangunan yang tajam, di mana Levon Aronian yang hanya perlu hasil remis ternyata tidak takut untuk beradu taktik di game ini. Alhasil, Ding Liren ternyata memang musti mengakui keunggulan Levon Aronian yang lihai bermain taktik.  Bangunan yang awalnya disetir oleh buah putih berubah menjadi ajang serang bagi buah hitam. Di langkah ke-33 , Ding Liren pun mengulurkan tangan tanda menyerah.

Siaran LIVE Chess WOrld Cup 2017, Ding Liren vs Levon Aronian


Partai Catur Ding Liren vs Levon Aronian 0-1, Tblisi 2017 World Cup Final


Levon Aronian won FIDE World Cup 2017 Tblisi after defeating Ding Liren  2-0 in play off rounds.

Levon Aronian cheered by his fans in playing hall, hotel Biltmore Tblisi, Georgia


Levon Aronian akan menerima hadiah USD 120,000 first prize dan Ding Liren mengantongi hadiah uang USD 80,000. Kedua pecatur akan berhak tampil di turnamen Kandidat penantang catur 2018 untuk mencari penantang Magnus Carlsen. Ding Liren juga mencetak rekor sebagai pecatur China pertama yang berhasil tampil di turnamen kandidat catur pria.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...