Saturday, August 19, 2017

Kembalinya Garry Kasparov - St Louis Rapid & Blitz 2017

Sisa kejayaan mantan juara catur dunia Garry Kasparov ditunjukkan di tournament Saint Louis Rapid & Blitz 2017. Kembalinya legenda catur ini berlangsung tanggal 13 Agustus - 19 Agustus 2017 melalui turnament yang diikuti sembilan pecatur top ten dunia lain seperti Anand, Caruana, Nakamura, Karjakin dan lain-lain. Garry Kasparov sendiri sebenarnya sudah retired 12 tahunan lalu namun sang grandmaster masih sering melakukan turnament exhibition. Nah, tahun ini berbeda. Tournament di Saint Louis ini merupakan turnament resmi yang mempertaruhkan hadiah cukup besar dan juga rating. Ini adalah turnament resmi dan serius pertama bagi Garry Kasparov semenjak dia pensiun.

Seperti dilaporkan di tulisan sebelumnya, Garry Kasparov musti berjuang keras melewati partai-partai catur melawan pecatur top ten dunia di event ini. Dari sembilan rounds di partai catur cepat, Kasparov hanya berhasil mengumpulkan tiga setengah point. Di ajang ini, Kasparov dikalahkan Nepomniachtchi, Ian, Fabiano Caruana dan terakhir dikalahkan tragis oleh David Navara. Di partai vs David Navara ini, Kasparov sudah unggul posisi tapi keletihan daya tahan konsentrasi membuat dia blunder. Kasparov sendiri berkomentar bahwa walaupun dia iklas dengan kekalahan ini tapi gurunya Botvinik tidak akan mengampuni dia jika dia blunder posisi ini di usia 11 tahun!

Partai Garry Kasparov vs David Navara 0-1, St Louis 2017



Garry Kasparov vs David Navara dari Polandia. Uniknya, David Navara dikenal sebagai seorang pesakit autisme di masa kecilnya, sekarang dia adalah seorang grandmaster catur yang sangat kuat.

Curhat Kasparov di Twitter :




Namun, papan catur itu kotak, di partai berikutnya Garry Kasparov justru memperoleh hadiah kemenangan dari pecatur Vietnam GM Lee Quang Liem. Di partai ini, Kasparov sebenarnya justru tertekan, tapi Lee Quang Liem mengalami moment nge-blank sehingga memblunder satu benteng bulat dengan langkah Re8 - nya. Komentarnya Kasparov "..haruskah saya menang dengan cara ini...?"

Partai Catur Garry Kasparov vs David Navara 1-0, St Louis Rapid 2017


Garry Kasparov memukul benteng Lee Quang Liem yang mendarat di petak yang tidak terlindungi. Pecatur asal Vietname ini segera menyerah. Photo from Chess.com


Kasparov pun hanya duduk di urutan ke-9 . Final Standings St Louis Rapid & Blitz, after Round 9:


Setelah partai catur cepat, event ini dilanjutkan ke catur kilat. Sebanyak 18 rounds catur kilat kembali menghiasi ruang tanding di Saint Louis Chess Club di negara bagian Missouri ini. Garry Kasparov mengakhiri tournament ini dengan hasil nilai 9/18. Kasparov mengalahkan cukup banyak peserta lain karena memang di jam control kilat ini barulah Kasparov masuk ke zona comfortnya. Berikut beberapa partai yang menarik dan dimenangkan oleh Garry Kasparov :

Kasparov, Garry (2812) vs. Karjakin, Sergey (2773)
Saint Louis Blitz | Saint Louis | Round 10.5 | 17 Aug 2017 | ECO: C33 | 1/2-1/2

Garry Kasparov mengejutkan dunia dengan memainkan Gambit Raja! Pembukaan yang sangat jarang dimainkan maestro catur ini. Sergey Karjakin tertegun sesaat dan memilih tidak meladeni line tajam yang mungkin saja dipersiapkan Kasparov. Di langkah 4..Qd8!?, Karjakin memilih bermain tenang dengan memundurkan Menterinya ke kandang. Kasparov sempat blunder pion tengah, tapi diakhir, Karjakin yang krisis waktu membolehkan kombi tajam oleh Kasparov, sehingga dia musti melancarkan skak abadi agar bisa remis.




Garry Kasparov vs Hikaru Nakamura 1-0, St Louis Blitz 2017

Kasparov mengalahkan salah satu pecatur spesialis di blitz Hikaru Nakamura.



Partai Catur Leiner Dominguez Perez vs Garry Kasparov 0-1, St Louis Blitz 2017

Setelah sebelumnya juga mengalahkan Fabiano Caruana, Kasparov menang atas pecatur Kuba Leiner Dominguez Perez. Partai ini dimenangkan dengan pembelaan Sicilian Najdorf andalan Kasparov. Mantan juara dunia catur ke-13 inipun menyatakan kebahagiaan bahwa pembelaan favoritnya berhasil dimainkan di penghujung turnamen ini dan menang pula.



Alkisah, Garry Kasparov musti puas menduduki papan tengah di final standings gabungan dari hasil rapid dan blitz.  Levon Aronian dari Armenia adalah juara di event Rapid dan Blitz ini. Kehadiran legenda catur ini memang dimaksudkan untuk membuat even ini lebih popular. Di hari Sabtu, semua peserta catur turnamen Sinquefield 2017 bermain catur estafet di acara "Ultimate Moves". Acara ini diikuti patron catur Rex Sinquefield dan anaknya Randy Sinquefield. Kedua ayah beranak ini adalah sponsor utama even Sinquefield Cup yang sudah berlangsung beberapa tahun dan pendiri klub catur Saint Louis Chess Club.



Video liputan Exhibisi catur menarik, catur estafet yang menghadirkan grandmaster catur dunia di acara Ultimate Moves 2017 di kota Saint Louis Amerika Serikat. Menghadirkan legenda catur Garry Kasparov dan rekan-rekan.


Final Standing Saint Louis Rapid & Blitz 2017 :



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...