Tuesday, August 15, 2017

Garry Kasparov Turun Gunung - St Louis Rapid & Blitz 2017

Legenda catur Garry Kasparov akhirnya turun gunung juga. Mantan juara dunia catur jaman '80an, grandmaster Garry Kasparov dari Russia kembali bertarung di turnamen catur resmi kemarin malam. Turnamen catur tersebut adalah event bertajuk Saint Louis Rapid & Blitz 2017. Seperti namanya, turnamen catur ini berlangsung di kota Saint Louis Amerika Serikat. Event ini juga merupakan event tambahan dari turnamen catur seri Grand Chess Tour, yaitu piala "Sinquefield Cup 2017". Sekedar info, turnamen Sinquefield Cup 2017 akhirnya dimenangkan pecatur Prancis, GM Maxime Vachier-Lagrave.

Kembali ke Garry Kasparov, pecatur yang dijuluki the Beast from Baku ini turun laga untuk bertarung dengan sembilan pecatur top ten dunia lainnya. Dengan line up sepuluh pecatur ini, Saint Louis Rapid & Blitz 2017 mempertandingkan sembilan rounds partai catur cepat / rapid dan mempertandingkan delapan belas partai catur kilat / blitz. Turnamen ini berlangsung dari tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus 2017.

para pecatur yang laga di event Saint Louis Rapid & Blitz 2017 - terlihat Garry Kasparov yang turun bermain setelah pensiun sekitar 12 tahun - photo from official website


Garry Kasparov Tahan Remis Tiga Pecatur Dunia
Hari ini headline berita catur semua bercerita tentang kembalinya Garry Kasparov di hari pertama Saint Louis Rapid & Blitz 2017. Di hari pertama, Garry berhadapan dengan tiga pecatur kelas berat. Di round 1, dia berhadapan dengan pecatur Russia, Sergey Karjakin. Duel yang mengingatkan kita kepada duel K vs K , merujuk ke initial pertama musuh bebuyutannya Anatoly Karpov. Sergey Karjakin adalah mantan penantang catur dunia dan tentunya sangat berkompeten untuk membuat problem bagi Kasparov. Partai berlangsung  sengit di pertahanan Nimzo India dari Karjakin. Round 1 ini berakhir remis dengan Kasparov berkomentar : "Saya agak buruk di partai ini dan sangat kesulitan dalam hal waktu". Sesuatu yang wajar mengingat Garry Kasparov sudah retired sekitar 12 tahun.

Garry Kasparov vs Sergey Karjakin
photo from chess.com

Partai Catur Garry Kasparov vs Sergey Karjakin 1/2-1/2 - Saint Louis 2017







Selanjutnya di round 2, Garry Kasparov bertemu pecatur Amerika Serikat, Hikaru Nakamura. Hikaru Nakamura ini pernah berlatih bersama Garry Kasparov dan seperti kita ketahui berupakan pecatur kelas dunia yang sangat spesialis di time control rapid dan blitz. Kasparov yang memegang buah hitam langsung memainkan pembelaan andalannya yaitu pembelaan Grunfeld. Kasparov pun berhasil menang duel di fase pembukaan dengan buah-buah Nakamura tidak terlalu berkembang. Sayangnya Kasparov tidak berhasil menemukan langkah jawaban yang mematikan sehingga partai inipun berakhir remis.

Komentar Yasser Seirawan "Nakamura rada musibah di fase pembukaan ini". Kasparov sendiri berkomentar bahwa korban a7 nya cukup gila.

Hikaru Nakamura vs Garry Kasparov 1/2-1/2

Partai Catur Hikaru Nakamura vs Garry Kasparov 1/2-1/2, Saint Louis 2017



Yang terakhir di hari pertama ini, Garry Kasparov bertemu dengan pecatur Kuba Leiner Dominguez Perez. Pecatur dari Kuba ini adalah pecatur yang sangat kreatif dan ulet. Di round 3 ini Garry Kasparov berhadapan dengan dua faktor yang dia takuti yaitu ; persiapan pembukaan yang matang dari lawannya dan keletihan di paruh akhir hari. Inilah yang terjadi di round 3, Dominguez berhasil menjinakkan Kasparov di fase pembukaan. Kasparov memang mengaku keletihan di partai ini tapi juga memuji langkah novelty 16..Ne6 yang dilangkahkan Dominguez. Kata Kasparov "Saya berhadapan dengan persiapan yang matang dan sangat dipaksa masuk ke jalur remis".

Partai Catur Garry Kasparov vs Leinier Dominguez Peres 1/2-1/2, Saint Louis 2017


Setelah 3 rounds partai catur cepat, Le Quang Liem dari Vietnam, Fabiano Caruana, Levon Aronian dan Ian Nepomniatchtchi masing-masing memperoleh nilai 2 di klasemen sementara.

Klasemen Sementara Turnamen Catur Saint Louis Rapid & Blitz 2017
Current Standings Saint Louis Rapid & Blitz 2017


Pairing catur untuk hari kedua esok dan round 4 adalah :


Legenda catur Garry Kasparov akan berhadapan dengan Levon Aronian dari Armenia di round 4. Mari saksikan bersama esok Rabu pagi / subuh.

Baca juga liputan akhir tournament Rapid & Blitz 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...