Wednesday, July 13, 2016

Magnus Carlsen akhirnya dikalahkan Hikaru Nakamura - Bilbao 2016 Round 1

Walaupun minggu ini ada turnamen elit di kota Dortmund (Kramnik, Caruana,dkk), lalu di kota Danzhou (Hou Yifan, Ivanchuk, dkk), plus kaum ibu-ibu yang lagi tanding di GP FIDE di Chengdu, kemarin malam tontonan catur elit bertambah satu lagi, yaitu turnamen super di kota Bilbao, Spanyol. Tournament yang bertajuk IX Bilbao Chess Master Final ini menghadirkan juara dunia Magnus Carlsen, Hikaru Nakamura, Wesley So, Sergey Karjakin, Anish Giri dan pecatur China Wei Yi. Tournamen ini berlangsung dari tanggal 13 July hingga 23 July dalam format double round robin. Menarik untuk disimak karena di sini akan terjadi duel Sergey Karjakin melawan Magnus Carlsen, yang menjadi preview duel kedua nya bentar di World Championship.

Namun berita menarik di round 1 yang terjadi semalam terjadi di partai Magnus Carlsen vs Hikaru Nakamura. Seperti diketahui, rekor Hikaru Nakamura melawan Magnus Carlsen di catur classic sangat buruk, yaitu 12 kosong tanpa kemenangan hingga kemarin malam. Namun di kota Bilbao tahun 2016 ini Hikaru Nakamura datang angin nya dan berhasil mengalahkan Magnus Carlsen dengan buah hitam di pembelaan Sicilian. Di partai ini seperti biasa Carlsen mencoba mengecoh-kecoh Nakamura dengan langkah pembukaan yang tidak berurutan. Partai berlangsung cukup imbang tapi Carlsen entah kenapa datang "gila"nya di langkah 21.g5?. Dengan lemahnya posisi bidak g dan pin-nya terhadap raja putih, Nakamura bisa mengembangkan partai ini hingga mencapai posisi bagus dan dimenangkan. Berikut sedikit komentar dari partai ini.

Partai Catur Magnus Carlsen vs Hikaru Nakamura 0-1, Bilbao 2016



Sementara itu dua partai lainnya berakhir imbang saja. Sergey Karjakin ditahan remis oleh Wesley So. Anish Giri juga tidak memetik posisi bagus di pembukaan Italia melawan Wei Yi. Bisa disimak kedua partai tersebut.


peserta turnamen IX Bilbao Chess Master 2016. 





 Tournamen Bilbao 2016 bisa dibuka di website officialnya di SINI.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...