Saturday, July 9, 2016

Dortmund 2016 Round 1 - Maxime Kalahkan Caruana di Partai Pembelaan Sicilia

Sparkassen Chess-Meeting adalah turnamen tahunan di kota Dortmund negara Jerman. Turnamen ini biasanya mengundang pecatur top ten dicampur dengan jagoan catur lokal dari Jerman. Vladimir Kramnik identik dengan tournamen ini karena Kramnik sering banget menang di Dortmund, yaitu sepuluh kali menang. Kota yang memiliki klub sepakbola Borussia Dortmund ini terletak di agak sebelah Barat Jerman. Turnamen catur di kota Dortmund ini sudah berlangsung dari tahun '70an. Dortmund Sparkassen Chess Meeting tahun ini mengundang delapan pecatur terdiri dari pecatur top ten (Fabiano Caruana, Maxime Vachier Lagrave, Vladimir Kramnik), jagoan local (Liviu Dieter Nisipeanu dan Rainer Ruhman), undangan spesial (Leiner Dominguez Perez) dan pemenang Aeroflot 2016 yaitu Evgenij Najer yang merupakan kualifikasi untuk bisa tampil di sini.

Di round pertama, Maxime Vachier-Lagrave bertemu Fabiano Caruana dengan buah hitam. Sebagai pemain Sicilian Defence, Maxime berhasil menunjukkan keampuhan Sicilian variasi Najdorf menghadapi pemain yang lebih berkarakter posisionil seperti Caruana. Di partai ini, keduanya bermain cukup teoritis, namun Caruana ingin keluar dari teori yang sangat dikuasai Maxime dan memainkan langkah 12.h4 yang agak jarang dilakukan di line tersebut.

Partai Catur Fabiano Caruana vs Maxime Vachier-Lagrave 0-1, Dortmund 2016


Sedangkan di papan lain, Evgenij Najer berhasil menggugurkan pecatur kandang Rainer Buhmann di partai pembelaan Prancis.

Partai Catur Evgenij Najer vs Rainer Buhmann, 1-0 Dortmund 2016



Kedua papan lainnya antara Dominguez vs Kramnik dan Liviu Nisipeanu vs Ponomariov berakhir remis.

Kedudukan sementara setelah round 1 di Dortmund adalah :

Standings after round 1, Dortmund Sparkassen Chess-Meeting 2016.
1. Maxime Vachier Lagrave 1
2. Evgeniy Najer 1
3. Vladimir Kramnik 0.5
4. Ruslan Ponomariov 0.5
5. Leinier Dominguez Perez 0.5
6. Liviu-Dieter Nisipeanu 0.5
7. Rainer Buhmann 0
8. Fabiano Caruana 0

Foto-fotonya, dan informasi bisa diakses di official website (Bahasa Jerman)

Caruana (kanan) vs Maxime VL, hitam menang
photo from official website

Evgenij Najer (kanan) adalah juara Eropa Individual 2016, melawan pecatur lokal yang masih berrating "2600" an, Rainer Ruhmann


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...