Friday, October 2, 2015

Peter Svidler Ungguli Karjakin 2-0 - Chess World Cup 2015 Baku

Memasuki babak final Piala Dunia Catur 2015 di Baku, Peter Svidler dengan perkasa unggul 2-0 atas lawannya pecatur Sergey Karjakin. Kedua pecatur Russia ini akan berduel dwi tarung catur dalam empat partai catur klasik. Di babak pertama, Peter Svidler memegang buah putih dan bermain cukup lancar hingga menang. Partai babak pertama ini memperlihatkan partai catur yang textbook. Mengembangkan perwira, menguasai petak, menyerang dan menang.

Karjakin vs Svidler 0-1, Chess World Cup 2015
Svidler on the verge to become the first player to win World Cup twice, if he can get only half point in the remaining games to win the match. (photo official website)


Partai Catur Peter Svidler vs Sergey Karjakin 1-0, Baku 2015 World Cup



Di partai kedua, Karjakin yang sebenarnya bisa membangun posisi yang lebih kuat dari Svidler. Bermain dengan putih, Karjakin berusaha menyerang dan mereka masuk ke variasi Breyer. Svidler yang pertama kali mengeluarkan novelty baru dengan langkah c5. Setelah itu walaupun putih yang menekan, namun tidak ada juga celah yang bisa dieksploitasi. Mungkin karena harus menang, Karjakin memainkan 2 langkah blunder dan langsung menyerah.

Partai Catur Sergey Karjakin vs Peter Svidler 0-1, Baku 2015 World Cup



Dengan score 2-0, Peter Svidler hanya perlu memetik setengah poin untuk bisa menjadi pemenang piala dunia catur 2015. Svidler juga akan menjadi pecatur satu-satunya yang berhasil juara Piala Dunia catur dua kali. Dari segi elo rating, Svidler langsung menyodok ke urutan ke-15 di LIVE rating.  Malam ini akan dilangsungkan game ke-3 dengan Peter Svidler memegang buah putih. Saksikan LIVE sekitar jam 17:00 WIB di official website

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...