Thursday, February 26, 2009

Topalov vs Kamsky 2009 7 - Final

Ronde Tujuh

Topalov sukses membuat hitam menyerah di game ke-tujuh membuat dia berhak maju sebagai penantang juara dunia Vishy Anand. Permainan dimulai dengan pembelaan Prancis Tarrasch. Kamsky yang memegang buah hitam bermain sangat baik , meloloskan dua bidak bebas dan diyakini berada pada posisi yang sangat menjanjikan. Hingga langkah 31 dan 32 Kamsky kembali bermain tidak akurat akibat tertinggal di waktu. Dua langkah bentengnya memupuskan serangan hitam. Topalov pantas dipuji karena kembali berani bermain tajam dan penuh komplikasi dengan hasil yang cemerlang.

Dengan berakhirnya babak ini Topalov resmi berhak maju menantang Vishy Anand, tetapi hampir semua sumber tidak ada yang bisa menjanjikan kapan sebenarnya pertandingan akan terselenggara. Menurut saya dengan tampilnya Topalov sebagai pemenang membuat kemungkinan untuk terjadinya partai Anand vs Topalov lebih besar, ketimbang jika Kamsky yang menang. Topalov memiliki manager yang kontroversial dan cukup agresif mengejar pertandingan, dibanding Kamsky yang didukung masyarakat catur di US nampaknya akan kesulitan dana.

Akhir yang sebenarnya sudah diprediksi, Topalov ranking pertama dan perbedaan elo ratingnya juga lebar dibanding Kamsky.

Lihat :

Analisis GM Mihail Marin di Chessbase
Analisis GM Dimitrov di Chessdom

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...