Tuesday, February 24, 2009

Topalov vs Kamsky 2009 5 & 6

Ronde Lima

Pertandingan menantang juara Dunia antara Topalov vs Kamsky di ronde lima berakhir kemenangan buat Topalov. Pertandingan ini diatur demikian, dua ronde kemudian dilanjutkan satu hari istirahat. Hal ini membuat salah satu pemain selalu memperoleh buah putih setelah istirahat, yaitu Veselin Topalov. Menurut agenda pertandingan yang dipublikasi ke publik dapat terlihat adanya ide untuk menukar warna buah catur agar hal di atas tidak selalu terjadi, jadi harusnya menurut agenda Kamsky memegang buah putih ronde kelima. Tapi ternyata kesepakatan ini sudah di update oleh kedua belah pihak dan ronde ke-lima dilanjutkan dengan Topalov tetap memegang buah putih.

Permainan dimulai dengan kejutan Topalov membuka dengan e4, Kamsky memilih Pertahanan Prancis. Di tengah permainan Kamsky bermain langkah yang posisional kurang akurat dan ini cukup buat Topalov mencapai kemenangan. Langkah 35 Kamsky melakukan blunder terakhir dan pertandingan pun usai di langkah 55.

Hasil ronde ini membuat kabur prediksi saya bahwa Kamsky mampu mengalahkan Topalov jika tidak terjebak oleh pembukaan yang dipersiapkan Topalov dan tidak salah mengatur waktu, well, catur juga bulat rupanya.

Lihat :
Analisis GM Mihail Marin di Chessbase
Analisis GM Dimitrov di Chessdom
Susan Polgar langkah per langkah

Ronde Enam

Kamsky memegang buah putih dan melangkah e4, hari ini yang dimainkan adalah pertahanan Karo Kann. Ketiga asisten Kamsky adalah pakar di pertahanan Sicilia, menurut analisa pakar ini membuat Topalov selalu memilih pertahanan alternatif lain.

Permainan berlangsung solid, Topalov membuat langkah novelty di langkah 11. Di ujung permainan Kamsky musti merelakan bidak di sisi ratunya hilang tetapi dia berhasil melancarkan perpetual check / cek berulang-ulang. Draw di langkah 43.

Ronde ini kembali memperlihatkan Kamsky bermain akurat sedang Topalov selalu bermain agresif melalui serangan di sisi ratu.

Posisi pertandingan adalah :

Topalov 3 1/2 - Kamsky 2 1/2

Lihat :
Analisis GM Mihail Marin di Chessbase
Analisis GM Dimitrov di Chessdom
Susan Polgar langkah per langkah

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...