Thursday, September 27, 2018

Indonesia Kalahkan Turkmenistan - Olympiad Catur 2018 Batumi

Tim Olympiade catur Indonesia akhirnya pecah telur di round genap dengan mengalahkan tim cukup kuat yaitu tim catur Turkmenistan. Turun dengan satu grandmaster dua IM dan satu FM, tim Turkmenistan tidak mampu menahan tim catur Indonesia yang nota bene masih pada bergelar IM maksimal. GM Maksat Atabayev ditahan remis oleh FM Novendra Priasmoro sedangkan saudaranya Yusup yang IM ditahan imbang oleh FM Pitra Andika. Dua kemenangan Indonesia diraih dari IM Sean Winshand melawan Atabayev ketiga yaitu yang bernama Saparmyrat. Jodi Setyadi menumbangkan Azat Nurmamedov.




Di round 5 Olympiade Catur di Batumi, Indonesia akan dipertemukan dengan tim kuat lainnya yaitu asal negeri Viking Norwegia. Norwegia walaupun tidak diperkuat juara dunia Magnus Carlsen tapi berisi talent-talent muda seperti Johann Hjartarsson dan pecatur berdarah Persia Tary Aryan. Mampukah bang Pitra Andika menaklukkan mereka?

Pose tim catur Indonesia di Batumi 2018 Chess Olympiad
photo from official website


Di bagian Puteri, tim Chelsie Monica cs mulai merangkak naik ke posisi ke-30 setelah kembali mencukur lawannya, yaitu tim Bolivia. Dengan kemenangan 4-0 ini, tim catur Puteri Indonesia mulai masuk ke track yang benar untuk berkemungkinan meraih sepuluh besar, jika penampilan tim catur Indonesia ini tetap konsisten menghasilkan nilai positif. Peluang cukup besar karena Indonesia lagi-lagi bertemu tim catur Luxembourg. Tim Luxembourg diperkuat WIM Aghabekian Liana dan WIM Steil-Antoni Fiona, di round 2 mereka dibantai USA 0-4, tetapi di tiga partai lainnya cukup ganas mencukur lawan-lawan nub mereka dengan score telak. Ini merupakan ujian buat tim Indonesia yang diperkuat Samantha Edithso untuk bisa mencuri poin.



Chess Olympiad Batumi 2018 results round 5, Indonesia team :

Indonesia vs Turkmenistan
Atabayev, Maksat Priasmoro, Novendra ½-½
Sean, Winshand Cuhendi Atabayev, Saparmyrat 1-0
Nurmamedov, Azat Setyaki, Azarya Jodi 0-1
Pitra, Andika Atabayev, Yusup ½-½

Indonesia vs Bolivia
Sihite, Chelsie Monica Ignesias Cordero, Daniela 1-0
Ramirez, M. Eugenia Fisabilillah, Ummi 0-1
Anisa, Aay Aisyah Monroy G., Nataly A. 1-0
Molina, Jessica Edithso, Samantha 0-1

Keseluruhan tayangan round 4 bisa disaksikan di Youtube dengan chess komentator WGM Sophia yang cantik:



tag:
Indonesia vs Norwegia catur
Indonesia vs Luxembourg catur

Liputan Round 2-3 Chess Olympiad Catur 2018 Indonesia
Liputan Round 1 Chess Olympiad Catur 2018 Indonesia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...