Friday, January 27, 2017

Wei Yi Kalahkan Sergey Karjakin Menjelang Imlek - Tata Chess dan Gibraltar 2017

Pecatur-pecatur dari daratan China merayakan kemenangan mereka masing-masing di turnamen Tata Steel Chess 2017 dan di Gibraltar 2017. Di Tata Steel Chess round 11, Wei Yi adalah satu-satunya pecatur yang berhasil mengolkan point di round tersebut. Wei Yi mengalahkan mantan penantang catur Sergey Karjakin di partai yang ngotot. Walau demikian partai lainnya antara Magnus Carlsen vs Adhiban Baskaran sangat menegangkan dengan Adhiban kembali mengeluarkan jurus aneh dengan pembelaan Scandinavia tapi 2..Nf6. Carlsen dipaksa untuk bermain taktis dan sebenarnya sempat berada di posisi kalah, sayang Adhiban gagal menemukan jawaban yang baik sehingga partainya pun remis. Wesley So remis melawan Pentala Hariskrishna dan tetap berada di tampuk pimpinan klasemen sementara. Hanya saja, sekarang Wei Yi mengejar dengan setengah point saja di belakang Wesley So.

Wei Yi passed the Sha Cap Me (Chinese New Year Eve) with a tremendous victory over Sergey Karjakin - Wei Yi, Lei Tingjie, Jeffery Xiong, also Ju Wenjun and Hou Yifan all celebrated their respective Chinese New Year 2017 with good fortune tonight.


Partai Wei Yi vs Sergey Karjakin 1-0, Wijk Aan Zee 2017




Di malam Sha Cap Me (malam ke-30), tradisi keturunan Chinese adalah berkumpul dengan keluarga dan mengadakan makan malam bersama. Pecatur berdarah Chinese lainnya di Tata Steel seperti Lei Tingjie berhasil melalui malam Sha Cap Me dengan kesukaan pula. Lei Tingjie mengalahkan Sopiko Guramishvili. Nona Sopiko sangat kurang beruntung di turnamen Tata Steel Grup Challenger ini karena menjadi bulan-bulanan pecatur-pecatur lainnya, dia hanya berhasil mengumpulkan point 1/11. Di papan atas, pecatur Jeffery Xiong menunjukkan keseriusannya sebagai calon pecatur tangguh dengan mengalahkan pecatur kawakan Illya Smirin. Jeffery Xiong adalah generasi paling muda dari bibit pecatur Amerika Serikat (yang lain seperti Awonder Liang, Li Ruifen, Samuel Sevian cs). Jelas dari penampakan dan namanya Jeffery Xiong juga akan senang melewati malam Sha Cap Me dengan kemenangan sekaligus kontender di pimpinan klasemen grup Challenger Tata Steel Chess 2017.

Partai Jeffery Xiong vs Illya Smirin 1-0, Wijk Aan Zee 2017

Partai Lei Tingjie vs Sopiko Guramishvili 1-0, Wijk Aan Zee 2017

Klasemen Sementara Tata Steel Chess 2017, round 11 Master:

Klasemen Sementara Tata Steel Chess 2017, round 11 Challenger :


Sementara itu nun jauh di selatan Eropa, di tanjung Gibraltar, para pendekar catur juga berjibaku di round 4 turnamen Gibraltar Chess Festival 2017. Seperti tema di Tata Steel Chess, nona Ju Wenjun dan Hou Yifan dengan ceria melewati malam Sha Cap Me dengan menggebuk kedua rival mereka. Ju Wenjun, yang diyakini sebagai pecatur puteri terkuat setelah Hou Yifan di China, menggebuk Samuel Shankland dari Amerika Serikat. Sementara itu Hou Yifan mengkandaskan musuh bebuyutan (terbaru..) dia yaitu si adik Mariya Muzychuk. Mariya adalah pecatur puteri yang hendak merebut gelar juara catur wanita dunia dari Hou Yifan tahun lalu tapi tidak berhasil.

Di Gibraltar Chess 2017 ini, puluhan grandmaster bersaing di turnamen dengan sistem swiss. Fabiano Caruana, Hikaru Nakamura, Ivanchuk dan lain-lain musti keringatan menghadapi pecatur rimba belantara dari berbagai belahan dunia. Semua pecatur elit tersebut tidak ada yang bertahan dengan score perfect. Bahkan Ivanchuk musti gigit jari di round 3 karena kalah waktu. Alkisah, Ivanchuk yang sudah agak berumur ini teledor menulis langkahnya. Ivanchuk mengira dia sudah genap 40 langkah tapi sebenarnya baru 39 langkah, diapun kalah waktu karena di langkah yang dia kira langkah ke-39 dia justru relax dan akhirnya jam kontrol yang belum dia capai tersebut jatuh benderanya.

tragey Ivanchuk di round 3, dia melompati satu kolom langkah sehingga salah hitung jumlah langkahnya. Ivanchuk kalah dalam posisi endgame yang sebenarnya sudah hampir menang melawan lawan


Hingga round 4, yang mengumpulkan angka sempurna adalah Ju Wenjun dan Emil Sutovsky dari Israel.

Partai Ju Wenjun vs Samuel Shankland , Gibraltar 2017

Klasemen sementara Gibraltar Chess Festival 2017 , round 4 :

1 Ju Wenjun 4,0
2 Sutovsky Emil 4,0
3 Adams Michael 3,5
4 Zvjaginsev Vadim 3,5
5 Lagarde Maxime 3,5
6 Iturrizaga Bonelli Eduardo 3,5
7 Vachier-Lagrave Maxime 3,5
8 Anton Guijarro David 3,5
9 Gelfand Boris 3,5
10 Fressinet Laurent 3,5
11 Hou Yifan 3,5
12 Akobian Varuzhan 3,5
13 Nakamura Hikaru 3,5
14 Howell David W L 3,5
15 Sethuraman S.P. 3,5
full results HERE

Tanggal 28 January 2017 adalah hari pertama Tahun Baru Imlek. Ini adalah hari pergantian menjadi tahun baru Ayam. Kiranya semua pembaca budiman menikmati weekend dengan tenang dan bagi yang merayakan tahun baru Imlek kiranya lancar dan damai semua.




Anna Muzychuk v Hou Yifan
Hou Yifan defeated Mariya Muzychuk - photo John Saunder


Ju Wenjun press conference
Ju Wenjun Memimpin round 4 Gibraltar Chess 2017  - photo John Saunders

Gibraltar Chess Festival 2017 Website

Tayangan LIVE Tata Steel Chess 2017 bisa dilihat di Postingan Ini
Tayangan LIVE Gibraltar Chess 2017 bisa dilihat di Postingan Ini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...