Wednesday, August 29, 2018

Fabiano Caruana Juara Sinquefield Cup 2018

Turnament catur kelas mega bintang, Sinquefield Cup 2018 telah berakhir di Saint Louis. Pecatur urutan kedua dunia, Fabiano Caruana kembali menunjukkan kelasnya dengan menjuarai turnamen bergengsi ini. Sinquefield Cup tahun 2018 ini berkategori  XXII yang berarti kelas super grandmaster. Sepuluh pecatur top ten dunia dikumpulkan di kota Saint Louis untuk bertanding memperebutkan USD 300,000 total hadiah.

Setelah melalui sepuluh babak rounds robin, Sinquefield Cup 2018 akhirnya dipuncaki oleh tiga pecatur, Fabiano Caruana, Magnus Carlsen dan Levon Aronian. Hal menarik terjadi adalah, panitia Sinquefield Cup 2018 memutuskan untuk mentabishkan ketiga pecatur tersebut sebagai co-winners. Hal ini dikarenakan sistem play off yang dipakai di turnamen ini hanya mencari dua tie break, tapi dikarenakan adanya tiga pecatur yang memiliki nilai sama, panitia memutuskan ketiga pecatur sebagai juara bersama.

Sebagai info, Sinquefield Cup 2018 adalah juga bagian dari serial turnamen catur Grand Chess Tour (GCT). Turnamen yang merupakan bagian dari GCT adalah Leuven GCT, Paris GCT, Saint Louis Rapid & Blitz GCT, Sinquefield Cup dan London Chess Classic. Seri turnamen GCT adalah prakarsa mantan juara dunia Garry Kasparov dengan sponsor seorang patron konglomerat USA bernama Rex Sinquefield. Di edisi awal, sempat ada rumor bahwa Jakarta merupakan salah satu kota yang direncanakan menjadi tuan rumah GCT!

Hasil akhir Sinquefield Cup 2018 adalah :

Fabiano Caruana, Levon Aronian, Magnus Carlsen adalah co-winners di Sinquefield Cup 2018


Hasil sementara seri turnamen catur Grand Chess Tour 2018

Beberapa partai catur round 10 menarik dari GCT adalah :

Partai Catur Levon Aronian vs Alexander Grischuk 1-0 2018, Sinquefield Cup 2018



Partai Catur Magnus Carlsen vs Hikaru Nakamura 1-0, Sinquefield Cup 2018 Saint Louis

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...