Sunday, August 15, 2010

NH Rising Star vs Experiences 2010 - Round 4

Even ketiga yang masih bertemakan 'Junior' digelar di Amsterdam minggu ini. Even yang bertajuk NH Chess Tournament 'Rising Star' vs 'Experience' ini diikuti pecatur 'Rising Star' seperti Wesley So, David Howell, Anish Giri dan Fabiano Caruana yang minggu lalu saling pukul di even Biel Young Grandmaster. Keempat pecatur yang masih muda ini ditambah pecatur yang sudah kurang muda lagi yaitu Hikaru Nakamura dari Amerika Serikat membentuk tim 'Rising Star'. Musuhnya adalah tim 'pak lao' yang beranggotakan Boris Gelfand , Peter Svidler, Peter Heine Nielsen, Loek van Wely dan pecatur paling uzur, Ljubomir Ljubojevic. Ljubojevic adalah pecatur yang murni masuk kategori Veteran, beliau adalah pecatur elit dari bekas Yugoslavia dua dekade silam, sedangkan Gelfand, Svidler, Nielsen dan van Wely semua masih sibuk dan aktif di kancah catur hingga saat ini.

Ceritanya di ronde tiga para 'Rising Star' berhasil menampar-nampar sesepuhnya dengan skor 4-1, tapi para veteran berhasil balas dendam di babak ke empat dengan skor 3.5-1.5. Hasil duel hingga babak empat adalah : (Website RESMI NH CHESS , tayangan LIVE di sini).

Thursday August 12 Round I

Nakamura – Ljubojevic 1 - 0
Caruana – van Wely ½ - ½
So – Nielsen ½ - ½
Giri – Svidler ½ - ½
Howell – Gelfand 0 - 1

Friday August 13 Round II
van Wely – Nakamura ½ - ½
Nielsen – Caruana ½ - ½
Svidler – So ½ - ½
Gelfand – Giri ½ - ½
Ljubojevic – Howell 0 - 1

Saturday August 14 Round III
Nakamura – Nielsen 1 - 0
Caruana – Svidler 1 - 0
So – Gelfand ½ - ½
Giri – Ljubojevic ½ - ½
Howell – van Wely 1 - 0

Sunday August 15 Round IV
Svidler – Nakamura 1 - 0
Gelfand – Caruana ½ - ½
Ljubojevic – So 1 - 0
van Wely – Giri 0 - 1
Nielsen – Howell 1 - 0

Partai ronde empat di mana Ljubojevic mengalahkan Wesley So dengan pembukaan Inggris. Pembukaan di mana Wesley So tidak pernah ada catatan menang dari lawan berating 2500 ke atas. Ljubojevic memperangkap Ratu Wesley So yang terlalu agresif menyerang :
 
 
World Junior 2010 Final Round
Sementara itu memasuki babak terakhir World Junior 2010 di Chotowa Polandia, pecatur unggulan GM Dmitry Andreikin dan GM dari Republik Kalmykia Sanan Sjugirov berada di posisi puncak dengan point 9.5/12. Pairing untuk ronde terakhir adalah :
 
Hammer (8.5) vs Andreikin (9.5)

Salem (8.5) vs Sugirov (9.5)
Matlakov (8.5) vs Negi (8.0)

Di ajang puteri Anna Muzichuck unggulan teratas berhasil dikejar saingan terdekat yang selisih 100 point FIDE, Olga Girya. Lihat laporan TWIC.

UPDATE:
Dmitry Andreikin jadi juara World Junior, Andreikin dan Sanan Sjugirov sama-sama main remis di partai terakhir. Hasil ini menjadikan keduanya punya nilai sama, 10 atas 13 ronde, tapi Andreikin yang unggulan pertama tetap memperoleh tie break yang lebih baik dan jadi juara Dunia Junior.

Tahun lalu unggulan utama Maxime Vachier-Lagrave juga menjadi juara dunia junior.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...