Monday, February 6, 2017

Women's World Chess Championship 2017 - Irene vs Zhu Chen di Round 1

Guliran Women's World Chess Championship 2017 akan segera di-gong-kan akhir pekan ini, tanggal 10 February 2017. Event yang akan menentukan siapa pemilik gelar Juara Dunia Catur / Women World Champion akan digelar di kota Teheran negara Iran. Sebanyak 64 pecatur wanita sudah siap beradu mental melalui ronde-ronde sistem gugur yang menjadi sistem pertandingan ini.

Wakil Indonesia adalah pecatur IM / WGM Irene Kharisma Sukandar. Irene merebut tiket menuju WWCC dengan menjadi juara zonal FIDE. Dengan rating FIDE 2421, Irene menyelip pas di pertengahan seed. Lawan di round 1 nya adalah mantan juara dunia Zhu Chen. Mantan ratu catur dari China ini memang sudah memasuki usia "semi-pro". Bermain untuk negara Qatar, Zhu Chen sudah tidak terlalu "prima" dalam catur dibanding saat masa jayanya kira-kira sepuluh tahunan lalu.

Pertemuan Irene Sukandar vs Zhu Chen juga sudah pernah terjadi beberapa kali. Hampir delapan tahun lalu, di ajang Subic 2009, Irene sudah berhasil mengalahkan Zhu Chen, lihat postingan ini. Jika dilihat dari atas kertas, Irene hanya unggul 2 elo dari Zhu Chen. Ini juga menjadi pairing dengan selisih rating terkecil dari semua pairing.

Dari Irene sendiri, ini adalah kejuaraan dunia kedua. Di tahun 2015, Irene berhadapan dengan Melia Salome dan kandas di round 1. Namun seperti kita pantau bersama, Irene yang sekarang adalah versi upgrade punya. Dengan pengalaman baru dari negara Amerika Serikat dan di bawah monitor Susan Polgar, kita bisa cukup pede untuk berharap Irene bisa melewati round 1 dengan lancar. Jika sampai Irene maju ke round 2, ini adalah rekor pertama pecatur Indonesia bisa maju ke round 2 dalam kejuaraan dunia sistem gugur ini. Dua pecatur lain yang pernah mewakili Indonesia adalah GM Utut Adianto dan Susanto Megaranto, seingat penulis keduanya belum pernah lolos dari round 1. (Mohon dikoreksi kalau salah...)

GM Utut Adianto was showing his support for Irene on her WCC 2017 journey. 
source : Facebook

Dari 64 pecatur, Ju Wenjun menduduki seed pertama. Sekaligus membuat Ju Wenjun siap menjadi lawan kedua pemenang partai Irene vs Zhu Chen. Dengan rating Irene yang pas tepat ada di urutan 32, bisa dipastikan semua lawan Irene akan berat-berat semua.

Indonesian Irene Kharisma Sukandar to face ex World Champion - GM Zhu Chen in first round WCC 2017 Tehran. Read her article - My Life Changing Experiences describing her journey as chess student in USA.

Ajang Women's World Chess Champhionsip 2017 ini memang diiringi kontroversi terkait pemilihan lokasi di kota Tehran. Beberapa pecatur wanita menarik diri dari ajang, dikarenakan kurang berkenan dengan lokasi pertandingan. Sementara itu, dari 64 pecatur yang sudah siap tampil, pecatur asal Romania WGM Cristina Adela-Foisor wafat beberapa pekan silam. Lawannya Olga Girya dari Russia otomatis maju ke round 2.

Penyandang gelar Juara Dunia Wanita Hou Yifan sendiri sudah bertekad tidak ingin berkiprah lagi di ajang wanita. Hou lebih memilih jejak Judit Polgar untuk konsen di jalur catur "umum", bukan yang khusus untuk wanita saja. Dengan demikian ajang WWCC 2017 ini menyisakan ruang untuk pecatur wanita seperti Ju Wenjun dan lain-lain untuk menjadi juara dunia catur wanita.

Pairings Lengkap Women's World Championship 2017 Tehren :

Women’s World Chess Championship 2017 Pairing Brackets - Tehran 2017


Mari kita saksikan duel Irene Kharisma Sukandar vs Zhu Chen di round 1 Tehren, kira-kira tanggal 11 February 2017 hari Sabtu. Tayangan LIVE akan segera dicarikan untuk bisa muat ke halaman ini.

GM Zhu Chen

[ Kilasan Round 1.1 Zhu Chen vs Irene Kharisma Sukandar ]

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...