Saturday, January 14, 2017

Wesley So Tahan Remis Magnus Carlsen - TATA Steel Chess 2017

Geliat percaturan 2017 telah dimulai dengan turnamen elit TATA Steel Chess edisi tahun 2017. Tata Steel Chess adalah turnamen catur dengan tradisi yang sudah sangat lama. Mulanya sering dikenal dengan nama Wijk Aan Zee chess, karena memang dilangsungkan di kota Wijk Aaan Zee di Utara Belanda (North Holland). Turnamen catur yang kerap dijuluki "The Wimbledon of Chess" ini mengumpulkan 14 pecatur dunia untuk bertarung di kelas Master dan 14 pecatur lagi untuk beradu di kelas "Challenger". Yang asyik di Wijk Aan Zee adalah, pilihan 14+14 pecatur ini bervariasi antara top ten, pecatur yang lagi naik daun dan pecatur tuan rumah.

line up Tata Steel Chess 2017 
(photo from official website)



Kita jadi bisa menyaksikan pecatur juara dunia seperti Magnus Carlsen berhadapan dengan saingan sesama top tennya (ada Wesley So, Sergey Karjakin), juga bisa bertemu pecatur kelas kakap yang "levelnya" masih mengintai top ten, seperti Wei Yi, Dmitry Andreikin hingga pecatur yang baru kategori "sangat berbakat" seperti Adhiban Baskoro.

Di tahun 2017, edisi Tata Steel Chess bermulai dengan pairing round 1 seru, yakni antara Wesley So melawan Magnus Carlsen. Wesley So yang mengakhiri tahun 2016 dengan tiga prestasi besar mulai dielus-elus untuk menjadi pesaing Magnus Carlsen edisi duel dwitarung berikutnya. Tak heran, pertemuan mereka di round 1 ini disoraki penggemar catur untuk dipantau bagaimana suasananya jika terjadi perseteruan di antara kedua pecatur muda ini.

Sayang, di round 1, Wesley So hanya ngotot sesaat dan dengan santai ditahan remis oleh Magnus Carlsen yang memegang buah hitam. Kata Magnus Carlsen setelah partai catur mereka, "Wesley So, jika bertemu dengan lawan yang dianggap kuat, akan bermain pragmatis dan tidak ngotot. Karena ini saya bisa lancar menemukan langkah yang kemudian cepat berubah menjadi remis"...

Partai Wesley So vs Magnus Carlsen 1/2-1/2, Wijk Aan Zee 2017

A video posted by Tata Steel Chess Tournament (@tatasteelchess) on
Dari tujuh pairing atas 14 pecatur di kelas Master, hanya pairing Pavel Eljanov vs Richard Rapport yang berakhir dengan kemenangan si pecatur Ukraina Pavel Ejlanov. Richard Rapport yang belakangan ini juga sangat maju percaturannya adalah juga bibit sangat berbakat, tapi musti mengakui keunggulan permainan Pavel Eljanov. Melalui partai catur dengan pembukaan yang tidak begitu lazim, Richard terkenal sebagai pecatur yang kreative dan suka-suka dalam pembukaan, hitam (Richard) mencoba bermain taktis dengan segera meluncurkan bidak-bidak di sayap raja. Tapi putih menguasai petak sentral dengan baik. Keuntungan posisional perlahan dipupuk Pavel Eljanov dan dengan sedikit kelemahan langkah dari Richard, putih pun sukses mengepung buah putih. Partai yang cukup baik untuk ditelaah karena keunikan putih yang justru kalah kualitas (kuda vs benteng) tapi bisa menang.

Partai Catur Pavel Eljanov vs Richard Rapport 1-0, Wijk Aan Zee 2017
from chess.com


Partai-partai lainnya berakhir remis, di pairing Adhiban vs pecatur tuan rumah Loek van Wely, Adhiban sempat mendikte permainan Sisilia Tertutup dari Loek van Wely. van Wely yang memang spesialis Sicilian Defence musti berjuang bermain dengan bangunan inferior hingga 60an langkah agar bisa masuk ke ending yang diyakini remis.

Anish Giri vs Sergey Karjakin, mantan penantang juara dunia dari Russia. Keduanya bermain teoritis di lajur Najdorf dan segera remis di langkah 35.

Di kelas Challenger lebih sedikit berdarah-darah. pecatur muda Belanda Benjamin Bok mengalahkan Lei Tingjie. Markus Regger menggebuk pecatur muda Amerika Jeffery Xiong. Dan mister J. van Foreest menaklukan si cantik Alina l'Ami. Partai selebihnya juga remis.

Tontonan catur Tata Steel Chess 2017 bisa disimak di website-website popular (dan juga di blog ini...) sekitar pukul 21:00 WIB.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...