Thursday, January 19, 2017

Wesley So Pimpin Tata Steel Chess 2017 Round 5

Di turnamen catur elit Tata Steel Chess 2017 yang sedang berlangsung dari tanggal 13-29 Januari, pecatur Amerika Serikat kelahiran Phillipine Wesley So berhasil menerjang ke pimpinan klasemen setelah round 5. Turnamen dengan 14 pemain ini dilangsungkan di kota Wijk Aan Zee Belanda.

Di round 5, Wesley So mengalahkan pecatur India Pentala Harikrishna dan menjadi pimpinan sementara klasemen di grup Master. Wesley So dan Pentala masuk ke pembukaan yang kurang lazim, setelah langkah 21.Nd7 dan blunder hitam (Pentala) di 28..Nb4?, Harikrishna pun masuk ke posisi lemah dan kalah.

Partai Catur Wesley So vs Pentala Harikrishna 1-0, Wijk Aan Zee 2017
analisis dari chess.com







Pecatur asal Ukraina Pavel Eljanov yang sebelumnya berjaya dan memimpin klasemen ternyata kalah berhadapan dengan Levon Aronian. Levon adalah pecatur Armenia yang memang pernah jadi jago top ten dunia, mengalahkan Eljanov di permainan pembukaan Reti.

Partai Catur Pavel Eljanov vs Levon Aronian 0-1, Wijk Aan Zee 2017


Kejutan besar adalah pecatur India Adhiban Baskaran mengalahkan Sergey Karjakin dengan buah hitam pula. Sergey Karjakin yakin ini adalah salah satu partai caturnya yang apling buruk. Adhiban memainkan pembelaan Prancis (French Defence) yang sebenarnya belum pernah dia mainkan di ajang resmi. Adhiban menang pion dan menaklukan si mantan penantang catur Sergey Karjakin dengan menyakinkan.

Partai Catur Sergey Karjakin vs Adhiban Baskaran 0-1, Wijk Aan Zee 2017



Satu lagi kemenangan di round 5 ini diraih pecatur Polandia Radoslaw Wojtaszek melawan pecatur tuan rumah Loek van Wely. Loek van Wely mengalami kekalahan keempat beruntun di round ini. Memang Loek adalah pecatur yang paling gaek di grup ini, tapi Tata Steel Chess selalu setia mendukung pecatur-pecatur lokal mereka dan menyertakan Loek van Wely di kelas Master.

Partai Catur Radoslaw Wojtaszek vs Loek van Wely 1-0, Wijk Aan Zee 2017




Pecatur tuan rumah lainnya adalah Anish Giri yang ditahan Wei Yi. Magnus Carlsen remis melawan  Ian Nepomniachtchi, Dmitry Andreikin draw vs Richard Rapport.

Di kelas Challenger, kemenangan beruntun pecatur Markus Ragger akhirnya distop oleh Lu shanglei.  Jeffery Xiong dari Amerika Serikat mengalahkan pecatur manis Lei Tingjie.

Aksi Tata Steel Chess 2017 sebelumnya dihiasi dengan acara hiburan bermain sepakbola di stadium klub sepakbola Feyenoord. Magnus Carlsen memang salah satu penggemar sepakbola.


Lihat Tayangan Catur LIVE Tata Steel Chess 2017 di halaman INI.


1 comment:

  1. Wesley be "pimpin" fo sho! Leads by a full point after R10 with sparkling technique and in championship style! Go So!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...