Saturday, January 21, 2017

Magnus Carlsen Gagal Skak Mat 3 Langkah - Tata Steel Chess 2017

Melanjutkan perseteruan pecatur di turnamen Tata Steel Chess 2017 di kota Wijk Aan Zee, kita sampai di round 7 yang rada penuh dengan blunders. Tata Steel Chess 2017 dilangsungkan dari tanggal 14 January hingga 29 January 2017 dengan 14 pecatur dan 13 babak round robin. Turnamen ini dibagi dua grup Masters dan Challenger.

Berita hangat yang hadir di round 7 adalah partai Magnus Carlsen vs Anish Giri. Si juara catur dunia memulai partai ini dengan pembukaan Colle System. Walaupun Anish Giri bisa meladeni pembukaan ini tapi lambat laun, seperti style Magnus Carlsen, Anish Giri pun di "Giring " ke posisi lemah dan bangunan kalah. Di langkah 56, Magnus Carlsen yang bermain putih secara mengejutkan gagal melakukan skak mat 3 langkah, yang sebenarnya cukup basic. Ini puzzlenya, jika pemirsa mau mencoba-coba :

Kuis Catur Skak Mat 3 Langkah , Putih melangkah :


Ini terluhat mudah kalau kita merenungkannya sambil ngopi, tapi di posisi sedang bermain, Carlsen memainkan Gajah f7+, nampak bisa skak mat tapi Anish Giri menemukan semua jawaban yang tepat dan lolos dari kombinasi ini. Partai ini pun berlangsung beberapa puluh langkah lagi sebelum akhirnya remis. Selayaknya macan yang gagal menerkam mangsanya, Carlsen bermain terus sampai bangunan berakhir dengan stalemate. Anish Giri yang terkenal sebagai pecatur jagoan remis berkomentar "Ini pasti moment paling memalukan Magnus Carlsen, saya sih tak ada yang peduli, tapi dia kan legend catur. Saya turut prihatin pada doi..." Berikut partai lengkapnya bisa disimak :

Magnus Carlsen vs ANish Giri 1/2-1/2, Wijk Aan Zee 2017






Hasil lain yang bisa diceritakan adalah Wesley So yang sedang memimpin klasemen ditahan remis oleh Pavel Eljanov. Partai ini sebenarnya juga blunder-blunderan. Pavel Eljanov gagal menemukan langkah kemenangan 30.Nf3! tapi ini terjadi di krisis waktu, yang mengakibatkan Wesley So bisa lolos dan draw. Komentar Pavel juga menyakitkan buat Magnus Carlsen "Saya juga gagal menemukan langkah menang tapi dibanding yang terjadi di papan lain (Carlsen) , ini mah tak seberapa..."

Sergey Karjakin mengobati rasa pedihnya kalah catur kemarin dengan hari ini memukul Levon Aronian dengan pembukaan Giuocco Piano. Sergey Karjakin juga pada nggak tepat memainkan langkah di mana dia bisa cepat mengalahkan Levon masih mujur bisa terus mempertahankan keunggulan dan menang. Kata komentator Yasser Seirawan, "Saya nggak terbiasa nih melihat Levon Aronian kena dominasi kayak gini.."

Partai Catur Sergey Karjakin vs Levon Aronian 1-0, Wijk Aan Zee 2017

Partai seru adalah pecatur Wei Yi yang lagi-lagi sukses mengebuk pembukaan Sisilia, kali ini dicoba oleh Loek van Wely. Keduanya bermain di lajur Sisilia Najdorf yang tajam. Langkah 13..Nc5 dari hitam diyakini sebagai inaccuracies yang menyebabkan tulah untuk hitam.

Partai Catur Wei Yi vs Loek van Wely 1-0, Wijk Aan Zee 2017
analysis from chess.com

Baskaran Adhiban juga menjadi buah bibir di round 7 Wijk Aan Zee. Sebelumnya Adhiban udah dielu-elukan karena memainkan pembukaan Gambit Raja melawan Wesley So. Hari ini Adhiban mengalahkan Radoslaw Wojtaszek dengan buah hitam. Adhiban mulai menjadi talenta terkuat dari negara India. Partai-partai lainnya di round 7 Tata Steel Chess 2017 berakhir remis.

Partai Catur Radoslaw Wojtaszek vs Adhiban Baskaran 0-1, Wijk Aan Zee 2017

Di grup Challenger yang juga seru, Markus Ragger mengalahkan si manis Sopiko Guramishvili di partai catur Sisilia Defense. Tapi Gawain Jones dari Inggris juga mengalahkan Jorden van Foreest dengan buah hitam di partai Giuocco Piano. Keduanya memimpin klasemen dengan nilai 5.5.

Semua partai catur Tata Steel Chess ronde teranyar bisa dilihat di postingan INI.

Klasemen Sementara hingga round 7 - Kelas Master Tata Steel Chess 2017




Klasemen Sementara hingga round 7 - Kelas Challenger Tata Steel Chess 2017


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...