Monday, January 23, 2017

Magnus Carlsen Dikalahkan Richard Rapport - Tata Steel Chess 2017 Round 8

Kejutan di babak 8 kejuaraan turnamen catur Tata Steel Chess 2017 adalah kandasnya juara dunia catur Magnus Carlsen di tangan pecatur Richard Rapport. Keliaran permainan pecatur yang baru menginjak usia 20 tahun dari Hungary ini memakan korban si juara dunia Magnus Carlsen. Seperti sering dikisahkan di kilasan turnamen Tata Steel Chess 2017, Richard Rapport adalah bintang catur baru yang senangnya main pembukaan tak menentu. Pertemuannya dengan Magnus Carlsen terjadi di round 8. Sekilas partai ini sepertinya cocok karena Magnus Carlsen sendiri pun terkenal tak mau masuk ke pembukaan teoritis yang bikin puyeng kepalanya. Hingga langkah 22, bangunan seperti pembukaan Nimzovich-Larnsen ini muncul di papan. Magnus Carlsen sebenarnya bisa menangkis semua keliaran pembukaan ini, tapi di langkah 22..d3, Carlsen terpancing untuk bermain riskan.

Magnus Carlsen lost to Richard Rapport in Tata Steel Chess 2017. Richard Rapport is (perhaps) the 2nd player who younger than Magnus Carlsen to defeat him in classical chess, after he became world champion. The first player was Fabiano Caruana. Photo : Alina L'Ami

Keputusan riskan ini akhirnya mengakibatkan posisi hitam / Carlsen menjadi punya kelemahan di pion dan terkurungnya gajah di h2. Richard Rapport yang jago taktik dengan seksama menemukan cara untuk mengeksploitasi kondisi dan mengubah menjadi kemenangan.

Partai Catur Richard Rapport vs Magnus Carlsen 1-0, Wijk Aan Zee 2017



Turnamen Tata Steel Chess 2017 di kota Wijk Aan Zee Belanda ini mengumpulkan 14 pecatur dunia untuk diadu satu sama lain. Turnamen sekarang memasuki round 8. Pairing papan lain adalah pecatur Levon Aronian vs Anish Giri. Partai ini dimenangkan dengan cantik oleh Levon Aronian. Anish Giri yang sebelumnya bertahan mati-matian melawan Magnus Carlsen juga terpancing melakukan langkah kurang tepat di 10..Bxa3, mengakibatkan Aronian bisa mengurung semua perwira hitam dengan sebuah korban tukaran. Anish dan Carlsen, yah mungkin mereka lelah.

Partai Catur Levon Aronian vs Anish Giri 1-0, Wijk Aan Zee 2017

Pemimpin puncak klasemen Wesley So bermain imbang melawan Sergey Karjakin dengan buah hitam. Partai seru lainnya adalah Adhiban Baskaran yang membukukan kemenangan ketiga beruntun dengan mengalahkan pecatur Rusia Dmitry Andreikin. Adhiban yang sekarang gemar menggunakan pembukaan tak beken (Gambit Raja vs Wesley So...) memakai Vienna Game untuk menjatuhkan Dmitri Andreikin.

Partai Catur Adhiban Baskaran vs Dmitri Andreikin 1-0, Wijk Aan Zee 2017

Partai-partai lainnya di grup Master ini berakhir remis. Di grup Challenger Markus Ragger dan Gawain Jones masih bertahan di puncak klasemen sementara dengan menahan remis lawan-lawannya. Vladimir Dobrov memperpuruk si jelita Lei Tinjie dengan mengalahkannya di satu-satunya partai yang tidak remis di grup Challenger untuk round 8. Di grup Challenger, hadir dua pecatur wanita, Lei Tingjie dan Sopiko Guramishvili.

Lei Tingjie - photo by Alina L'Ami


Tayangan Partai catur LIVE Tata Steel Chess bisa dilihat di postingan INI.

Standing after Round 8 - Tata Steel Chess Master 2017


Standing after Round 8 - Tata Steel Chess Challenger 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...