Tuesday, January 17, 2017

Duel Taktik Wesley So vs Richard Rapport - Round 3 Tata Steel Chess 2017

Memasuki round ke-3 turnamen catur elit Tata Steel Chess 2017 di Wijk Aan Zee, pemirsa catur disuguhi duel-duel taktis yang sangat tajam. Yang paling seru adalah duel taktik antara pecatur Wesley So vs Richard Rapport. Sebagaimana Wesley So pernah menjadi pujaan remaja di kala usianya yang baru belasan tahun, yah beberapa tahun silam, maka penjelmaan Richard Rapport mirip dengan Wesley So. Richard Rapport yang berasal dari Hungaria ini semakin hari semakin terasah skill taktisnya. Dia semakin dikenal sebagai pecatur yang kerap kali memainkan partai-partai non standard dan mencari celah taktik untuk menggungguli lawannya. Di dua partai sebelumnya Richard Rapport masih berjuang mencari kebenaran dalam style bermainnya. Di round 1 dia kalah melawan Pavel Eljanov, juga karena terlalu nekad memainkan langkah seperti ..g5. Di round 2 dia menahan remis Sergey Karjakin.

Venue seru turnamen catur Tata Steel Chess 2017 di kota Wijk Aan Zee - Belanda
photo from official website

Menghadapi Wesley So, Richard tetap memainkan style yang sama. Wesley So terkenal sebagai pecatur yang cukup serba bisa. Dia solid tapi juga sering bermain taktis. Kedua pecatur segera memasuki teritori non standard karena alur pembukaan dari Richard Rapport yang memang di luar "buku" pembukaan. Dengan beberapa manuver, Wesley mendapati posisinya yang agak terjepit. Raja putihnya ada di jalur serang perwira-perwira dan pion hitam. Jelasnya kondisi taktikal ini menguntungkan hitam. Langkah yang dipuji-puji komentator adalah ketika Richard Rapport dengan nyantai bisa memainkan gajah ke c1, Bc1, yang menunjukkan superioritas posisi hitam karena gajah ini begitu nyantai bisa nongkrong di sebelah raja putih. Dan ini dilakukan Richard dua kali pula.... Sayang di situasi yang sudah panas, ternyata Richard blunder parah dan menyerahkan partai panas ini ke tangan Wesley So. Kemenangan Wesley So membuat rekor tak terkalahkannya di catur klasik bertambah panjang menjadi 45 kali tak terkalahkan! Berikut kutipan komentar partai catur ini menurut komentator di chess.com

Partai Catur Wesley So vs Richard Rapport 1-0, Wijk Aan Zee 2017



Dua partai lainnya juga menghasilkan kemenangan. Si bocah China Wei Yi mengkandaskan pecatur Ian Nepomniatchi dari Russia. Ian Nepom... yang belakangan rada naik daun harus menyerah di partai Sisilia Najdorf.  Ian berada di pihak hitam. Wei Yi memang sering sudah memenangkan partai Sisilia, semakin membuat trend dunia terhadap pembelaan Sisilia ini makin suram di dua tahun belakangan ini.

Partai Catur Wei Yi vs Ian Nepomniatchi 1-0, Wijk Aan Zee 2017


Sergey Karjakin yang barusan memenangkan title juara catur cepat dunia juga memetik poin pertamanya di Wijk Aan Zee. Sergey mengambil korban pecatur tuan rumah (Belanda) Loek van Wely. Di partai pembelaan Modern, Loek van Wely gagal memenangkan duel dua benteng melawan menteri. Loek van Wely yang ada di pihak hitam musti mengakui kemenangan putih di ending yang sangat kritis, dua bidak vs 1 benteng.

Partai Catur Sergey Karjakin vs Loek van Wely 1-0, Wijk Aan Zee 2017


Magnus Carlsen bermain remis cepat melawan Dmitry Andreikin. Pavel Eljanov yang memimpin klasemen ditahan remis oleh Pentala Harikhrisna. Lainnya pada remis semua.

Standings after round 3 - Tata Steel Chess 2017 Master 



Di grup Challenger, pecatur asal Austria memimpin dengan nilai sempurna 3/3. Markus Regger mengalahkan Eric Hansen di round 3.

Standings after round 3 - Tata Steel Chess 2017 Challenge



LIHAT POSTINGAN DENGAN TAYANGAN LIVE TATA STEEL CHESS 2017 DI SINI

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...